Connect with us

Daerah

Pemilihan Ulang TPS 7 Bandar Kalifah, Dambaan Menang Mutlak

Published

on

Pemungutan suara ulang di TPS 7 Bandar Kalifah.(Foto/ist)

Geosiar.com,Sergai – Pemungutan Suara Ulang (PSU) dilakukan kembali di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 7 Dusun Barisan Panjang Desa Sei Sarimah Kec.Bandar Khalifah,Serdang Bedagai (Sergai) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Sergai tahun 2020, Minggu (13/12/2020)

Hal ini dilakukan karena adanya pelanggaran yang ditemukan yakni terkait dua orang pemilih dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) luar Sergai yakni Batam dan Jakarta.

Dari hasil perhitungan PSU tersebut pasangan nomor urut 1 H Darma Wijaya dan H Umar Yusri Adlin Tambunan (DAMBAAN ) unggul telak dengan memperoleh 183 suara.

Sedangkan Paslon nomor urut 2, Ir.H Soekirman dan Tengku Ryan Nivandi (Beriman & Trendi) meraih 47 suara, suara tidak sah 3 suara dari 233 pemilih yang hadir termasuk pemilih tambahan (DPTb) dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 428 pemilih.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 7 Desa Sei Sarimah Romauli br Sinaga kepada Media mengatakan, jumlah DPT 428 pemilih, pemilih yang hadir ke TPS sebanyak 233 pemilih termasuk pemilih tambahan (DPTb), suara batal 3 suara.

Sebelumnya Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sergai Bayu Aprianto kepada Media di lokasi TPS menuturkan, PSU dilaksanakan karena saat pencoblosan yang berlangsung, Rabu (9/12) kemarin ada dua orang pemilih dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) luar Sergai yakni Batam dan Jakarta.

“Namun kedua pemilih kelahiran Dusun setempat dan telah tinggal bertahun di Dusun setempat juga, dokumen yang dimiliki keduanya saat menggunakan hak pilih dengan KTP merupakan domisili saat keduanya merantau (KTP Batam dan Jakarta) yang kemungkinan belum mengurus dokumen pindah alamat,” terang Bayu.

Adapun jumlah pemilih di TPS 7 lanjut Bayu, sebanyak 428 pemilih. Bayu berharap pada PSU ini jumlah partisiapsi pemilih lebih meningkat dari pencoblosan sebelum PSU kemarin dengan jumlah pemilih yang hadir 280.

Ketua Bawaslu Sergai Agusli Matondang didampingi Komisioner El Suhaimi dan Komisioner Bawaslu Sumut Marwan Din kepada Wartawan menuturkan PSU dilakukan berhubung ada temuan dua orang yang menggunakan hak pilih dengan dokumen KTP luar Sergai yakni Batam dan Jakarta yang tidak memiliki hak pilih, sehingga menyalahi aturan yang berlaku.

“Atas temuan tersebut maka Bawaslu Sergai mengeluarkan rekomondasi PSU di TPS 7 Desa Sei Sarimah Kec. Bandar Khalipah, kita berharap PSU berjalan aman, tertib dan kondusif serta berjalan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku,” pungkas Agusli Matondang.

Dan tampak dalam PSU tersebut sejumlah personel Polres Tebingtinggi dan Polsek Bandar Khalipah beserta TNI berjaga mengamankan di TPS 7 .(art)