Connect with us

Lifestyle

7 Manfaat Alpukat, Bisa Bikin Jantung Sehat dan Cocok untuk Diet

Published

on

Ilustrasi alpukat. (Sumber: dok internet)

Geosiar.com – Berbagai jenis buah-buahan, memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh, tak terkecuali halnya dengan alpukat.

Ya, buah alpukat ini umumnya biasa disantap langsung maupun dijadikan campuran untuk minuman.

Mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan, tentu saja buah alpukat membawa manfaat baik untuk tubuh.

Berikut kami rangkum 7 manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh dari laman Hops.id—Jaringan Suara.com, Sabtu (12/12/2020).

  1. Menurunkan risiko diabetes

Penyakit kebanyakan muncul karena pola makan yang salah. Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian tentang nutrisi mengungkap bahwa sindrom buah alpukat dapat menurunkan sindrom metabolik. Sindrom tersebut berkaitan dengan meningkatnya berbagai risiko penyakit seperti gangguan pada fungsi arteri, penyakit stroke, dan diabetes.

  1. Mencegah kanker

Buah alpukat mengandung asam oleat yang fungsinya sebagai asam lemak tak jenuh. Kandungan lemak pada buah ini hampir sama dengan komponen lemak yang terdapat pada minyak zaitun.

Asam oleat yang pada buah ini, berhubungan dengan berkurangnya peradangan. Kandungan tersebut mempunyai efek yang pada berkurangnya risiko seseorang terkena serangan kanker. Dengan begitu, kanker tidak bertambah parah.

  1. Tinggi kalium

Dalam alpukat terkandung nutrisi berupa kalium. Kandungan kalium dalam buah tersebut lebih tinggi dari buah pisang.

Asupan kalium yang tinggi dapat dikaitkan dengan turunnya tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi berhubungan dengan meningkatnya faktor penyakit berupa stroke, serangan jantung, hingga gagal ginjal.

  1. Bikin jantung lebih sehat

Kolesterol menjadi satu hal yang bisa mengganggu kesehatan jantung. Tingginya kolesterol dalam darah dapat menghambat peredaran darah pada jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan berbagai langkah berupa pola hidup sehat.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi alpukat. Buah ini dapat dijadikan makanan yang menyehatkan dan bisa dimasukkan dalam menu makan sehari-hari.

  1. Cocok untuk diet

Kelebihan berat badan merupakan masalah bagi beberapa orang. Berat badan yang berlebih dapat mempengaruhi kinerja tubuh.

Buah alpukat bisa membuat tubuh menjadi lebih kenyang serta dapat mengurangi keinginan untuk makan secara berlebih. Oleh karena itu, jadikan buah alpukat sebagai bagian dari menu makan selama berdiet sebab buah ini mengandung serat serta rendah karbohidrat.

Buah alpukat mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan. Buah alpukat menjadi pilihan yang tepat bagi yang sedang menjalankan diet. Dari segi kesehatan, manfaat alpukat dapat menjadikan pencernaan lebih lancar.

  1. Menyehatkan mata

Mata yang sehat sangat penting untuk menunjang keseharian. Asupan makanan sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Buah alpukat bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan mata. Buah alpukat dapat menurunkan risiko terjadinya masalah pada mata seperti mata katarak. Kandungan dalam buah alpukat dapat membantu fungsi mata agar tidak mengalami masalah. Jadi mata tetap sehat dan berfungsi.

  1. Tinggi kandungan serat

Kesehatan sistem pencernaan sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang tidak sehat erat kaitannya dengan serangan berbagai penyakit.

Serat pada alpukat bisa berguna untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Buah alpukat dapat pula mengurangi tingginya kadar gula darah. Buah ini juga bisa membuat buang air menjadi lebih lancar serta teratur.

Nah, itu dia tadi manfaat alpukat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, untuk kalian yang ingin hidup sehat jangan lupa konsumsi sayur dan buah seperti alpukat ini ya.(sc/red)