Connect with us

Lifestyle

Humor Ternyata Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Published

on

Geosiar.com – Kita semua tahu, bahwa tertawa adalah cara yang tepat untuk meredakan kecemasan di masa-masa sulit, memberi hiburan di saat-saat menegangkan, dan secara umum membuat hari lebih cerah.

Namun faktanya, tertawa lebih dari sekedar pendorong suasana hati. Studi menunjukkan, tertawa membantu kita belajar lebih cepat, menjadi lebih kreatif, bahkan bekerja lebih baik.

Dalam sebuah postingan The Conversation, seorang psikolog yang mempelajari studi humor, Janet Gibson mengatakan, tertawa juga merupakan alat yang ampuh dan menyenangkan untuk meningkatkan kecerdasan emosional kita.

Postingan tersebut memuat daftar panjang manfaat humor yang divalidasi secara ilmiah. Selain bertindak seperti antidepresan alami, humor adalah tanda kecerdasan emosional.

Gibson juga mempelajari bagaimana cara agar kita lebih banyak tertawa dalam hidup agar dapat menjadi cara efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

” Tertawa menciptakan ikatan dan meningkatkan keintiman dengan orang lain,” ujarnya.

Humor, dengan kata lain, membutuhkan kepekaan terhadap perspektif dan emosi orang lain yang membantu memperkuat hubungan kita.

Gibson mengungkapkan bahwa kita sebenarnya dapat melatih kecerdasan emosional dengan sengaja menambahkan lebih banyak humor ke dalam hidup.

“Dengan berlatih tertawa setiap hari, kita dapat meningkatkan keterampilan sosial,” jelasnya.

Ketika kita tertawa sebagai respons terhadap humor, kita akan berbagi perasaan dengan orang lain dan belajar dari respons yang diterima orang lain.

Kehidupan yang penuh tawa juga merupakan cara untuk secara proaktif meningkatkan keterampilan emosional dan kesejahteraan pribadi diri sendiri.

“Semakin banyak terapis yang menganjurkan penggunaan humor dan tawa untuk membantu klien membangun kepercayaan dan meningkatkan hubungan di lingkungan kerja,” terangnya.

Melatih otot tawa tidaklah sulit. Gibson merekomendasikan agar kita berkumpul dengan orang-orang lucu, menonton komedi yang membuat kita tertawa, atau menuliskan tiga hal lucu yang terjadi hari ini.

Para ahli menemukan, bahwa mendapatkan kesempatan untuk tertawa benar-benar membantu membangun kecerdasan emosional kita.

Jadi, lain kali jika kita merasa lelah dengan segala hal, pertimbangkan untuk menonton tayangan komedi.

Tidak hanya terasa nyaman di masa-masa kelam, tertawa sebenarnya membantu otak kita meningkatkan kemampuannya untuk berempati dengan orang lain dan mengurai situasi sosial yang kompleks.(kps/red)

Advertisement