Connect with us

Lifestyle

4 Tanaman Ini Jadi Andalan untuk Perawatan Kecantikan

Published

on

Geosiar.com – Memiliki wajah cantik merupakan dambaan semua wanita. Namun, bukan berarti Anda harus melakukan perawatan kecantikan ekstra mahal. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman untuk digunakan dalam perawatan kecantikan sehari-hari. Penasaran, tanaman apa saja yang memberi manfaat untuk kecantikan?

Berikut 4 tanaman yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, serta cara menggunakannya, seperti dilansir dari Boldsky.

  1. Tea tree untuk jerawat
    Jerawat adalah kondisi kulit umum yang menyerang banyak orang di seluruh dunia. Penyebab utamanya adalah infeksi bakteri dan pori-pori yang tersumbat. Tea tree oil memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan anti-inflamasi yang dapat membantu membersihkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Untuk alasan ini, tea tree oil pun telah digunakan secara luas sebagai obat jerawat yang efektif.

Cara Penggunaan:
Campurkan 2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak kelapa atau minyak almond. Oleskan ramuan tersebut pada area yang berjerawat. Biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air.

  1. Lidah Buaya untuk atasi sunburn
    Lidah buaya punya banyak manfaat untuk kecantikan, mulai dari mengatasi jerawat, menyuburkan rambut, menghilangkan noda, dan mengatasi sunburn atau sengatan matahari.

Cara Penggunaan:
Oleskan gel lidah buaya segar di area yang terbakar sinar matahari dan pijat lembut ke kulit. Anda bisa menyimpan gel lidah buata di kulkas selama beberapa menit sebelum diaplikasikan.

  1. Neem untuk atasi ketombe
    Ketombe adalah masalah kulit kepala yang disebabkan oleh bakteri dan penumpukan bahan kimia. Untuk menghilangkan ketombe, Anda bisa menggunakan Neem yang merupakan tanaman obat asal India. Neem memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga kulit kepala Anda tetap bersih dan bebas dari ketombe.

Cara Penggunaan:
Giling segenggam daun neem dengan sedikit air hingga terbentuk pasta. Tambahkan pasta ini ke semangkuk yogurt dan aduk rata. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala. Tunggu selama 15-20 menit sebelum mencucinya.

  1. Basil untuk membersihkan kulit
    Tanaman basil memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, antijamur, dan penyembuhan yang dapat mencegah berbagai masalah kulit seperti jerawat, noda, komedo, dan lain-lain.

Cara Penggunaan:
Cuci wajah Anda dan keringkan. Giling segenggam daun basil dengan sedikit air untuk mendapatkan pasta yang halus. Oleskan pasta ini ke wajah. Biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas.(sc/red)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *