Connect with us

Nasional

Kompolnas Sedang Susun Kriteria Calon Kapolri 

Published

on

Geosiar.com, Jakarta – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) enggan membicarakan bakal nama yang masuk bursa calon Kepala Kepolisian RI (Kapolri).

Anggota Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto, menyatakan mereka sedang merumuskan kriteria calon Kapolri. “Kompolnas belum bisa bicara nama. Kami sampai sekarang sedang finalisasi kriteria yang pas untuk kondisi dan situasi saat ini,” kata dia saat dihubungi pada Selasa, 17 November 2020.

Jenderal Idham Azis, Kapolri saat ini, akan memasuki masa pensiun pada Januari atau Februari 2021. Delapan nama pun digadang-gadang bakal masuk ke dalam bursa. Salah satunya adalah Inspektur Jenderal Nana Sudjana.

Namun, Idham kemudian mencopot Nana dari jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya lantaran tidak melaksanakan perintah terkait pengamanan protokol kesehatan.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane mengatakan dengan dicopotnya Nana maka akan semakin berat mendapatkan bintang tiga sebagai syarat masuk dalam bursa calon Kapolri.

“Kecuali Jokowi nekat meminta Nana Sudjana menjadi bintang tiga pada Desember mendatang karena pensiunnya Sestama Lemhanas dan Kepala BNN dan dimutasikan ke sana,” ucap Neta saat dihubungi pada Selasa, 17 November 2020.(tmp/red)

Advertisement