Connect with us

Dunia

Pendukung Trump dan Joe Biden di Michigan Bersitegang

Published

on

Geosiar.com — Pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Sabtu, 7 November 2020, menggelar aksi protes di kantor gubernur Michigan. Protes itu untuk melawan hasil pemilu AS 2020, yang dimenangkan oleh Joe Biden dari Partai Demokrat.

Aksi protes dimulai sejak Sabtu pagi dan sempat beberapa kali bersitegang dengan aksi balasan dari pendukung Biden.

Beberapa pendukung Trump berkumpul di Kota Lansing sambil mengenakan topi merah bertuliskan “Make America Great Again”. Ada pula yang membawa atribut bendera bertuliskan Trump dan banyak pula protes sambil membawa papan berisi tudingan kecurangan dalam pemilu.

Sebagian besar peserta aksi adalah warga Amerika kulit putih. Mereka juga tidak mengenakan masker padahal AS masih diselimuti pandemi Covid-19.

Pendukung Joe Biden dan Kamala Harris di Michigan, Amerika Serikat, merayakan kemenangan kandidat mereka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Sumber: INDRI MAULIDAR/Tempo

Sekitar pukul 11.30 waktu setempat, puluhan orang datang dari arah barat kantor gubernur Michigan. Mereka adalah peserta aksi balasan yang juga pendukung Biden dan wakilnya, Kamala Harris. Pendukung Biden – Harris mengenakan serba baju hitam bertuliskan “Black Lives Matter” dan bendera bertulisan sama.

Yang terjadi kemudian, pendukung Trump dan pendukung Biden perang mulut atau bersahut-sahutan saat mereka berorasi. “All Lives Matter!” teriak pendukung Trump. Kejadian saling sahut ini berlangsung sekitar 20 menit.

Pendukung Biden kemudian memutuskan pindah ke arah selatan kantor gubernur. Pendukung Trump bersorak-sorai melihat hal ini.

Sejam kemudian, pendukung Biden balik lagi ke depan kantor gubernur. Mereka masih mengenakan atribut yang sama dengan pesan yang sama, yakni Trump harus menghargai proses pemilu serta seluruh suara yang masuk harus dihitung hingga selesai.

Peserta aksi dari kedua kubu kembali saling lempar kata-kata. Polisi muncul dan berdiri di tengah kedua kubu agar tak terjadi saling pukul. Pendukung Biden mundur kembali ke selatan kantor gubernur Michigan.

Sekitar pukul 13.00 waktu setempat, Biden dan Harris diumumkan menang sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Pendukung Biden-Harris bertambah riuh. Sebagian melewati area protes dengan mobil mereka sambil membunyikan klakson.

Saat berita ini ditulis, massa dari kedua kubu masih berkumpul di kantor gubernur Michigan di Lansing. Belum dilaporkan adanya korban luka atau bentrok yang berujung kekerasan.(tmp/red)