Connect with us

Dunia

Korban Tewas Gempa Turki Jadi 6 Orang, 202 Lainnya Terluka

Published

on

ilustrasi : gempa (dok)

Istanbul, Geosiar.com – Korban tewas akibat gempa kuat yang mengguncang Turki dan Yunani bertambah menjadi enam orang. Gempa tersebut juga menyebabkan sejumlah bangunan hancur.


Dilansir AFP dan AP, Jumat (30/10/2020), televisi publik Yunani melaporkan gempa itu menyebabkan tsunami kecil di timur laut Aegean, Pulau Samos. Sejumlah rumah rusak dan empat orang warga terluka.


Sementara itu, enam orang dilaporkan meninggal dunia di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki, termasuk satu orang tenggelam. 202 orang warga lainnya dilaporkan terluka.

Gubernur Izmir Yavuz Selim Kosger mengatakan sedikitnya 70 orang telah diselamatkan dari reruntuhan. Dia mengatakan empat bangunan hancur dan lebih dari 10 runtuh serta sejumlah lainnya rusak.


Upaya pencarian dan penyelamatan saat ini terus dilakukan. Tim melakukan pencarian setidaknya di 12 gedung.

Media Turki melaporkan reruntuhan bertingkat dengan orang-orang memanjatnya untuk memulai upaya penyelamatan. Asap tampak mengepul di sejumlah titik.


Selain itu, beredar juga video di Twitter yang menunjukkan banjir di distrik Seferhisar. Pejabat Turki meminta warga untuk tidak turun ke jalan setelah ada laporan kemacetan lalu lintas.

Lewat Twitter, Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan 38 ambulans, dua helikopter dan 35 tim penyelamat medis sedang bekerja di kota Izmir.(dtk/red)

Advertisement