Connect with us

Lifestyle

Tak Bikin Gemuk, Camilan Ini Cocok Isi Libur Panjang di Rumah

Published

on

Geosiar.com – Libur panjang pada akhir Oktober tak melulu harus pergi ke luar kota. Berdiam diri di rumah saja bisa jadi pilihan. Mengingat masa liburan kali ini masih diliputi pandemi Covid-19, liburan di rumah dinilai lebih aman.

Namun, sebagian orang cenderung mudah merasakan lapar selama di rumah. Untuk menyiasati itu, Anda tidak perlu khawatir, karena banyak pilihan makanan atau cemilan yang dapat melepaskan hasrat makan Anda tapi tidak bikin gemuk. Berikut dikutip dari Alodokter di antaranya:

  1. Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang, seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete, kaya akan protein dan serat, serta dapat menjadi makanan ringan yang mudah dibawa ke mana-mana.

Edamame dan kacang kedelai muda juga dapat menjadi pilihan yang menyegarkan. Satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein dan 180 kalori, serta zat besi, magnesium, dan folat.

  1. Puding rendah lemak

Buat sendiri puding dengan rasa favorit Anda, sebagai camilan yang kaya akan serat. Tentunya tanpa tambahan susu dan gula berlebihan. Untuk menambah rasa kenyang sekaligus memberi nutrisi, Anda bisa menambah buah-buahan dan chia seeds di dalam puding rendah lemak ini.

  1. Popcorn rumahan

Pilih popcorn atau berondong jagung mentah dengan label rendah lemak dan tanpa rasa. Masak popcorn dalam microwave bersama minyak tanpa menambahkan bahan apa pun, seperti caramel ataupun mentega.

Jika suka pedas, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk cabai. Ketahuilah bahwa popcorn tanpa tambahan mentega atau gula mengandung serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi pencernaan di dalam tubuh.

  1. Biskuit dan keju


Pilih biskuit yang mengandung biji-bijian utuh (seperti gandum utuh) dan rendah lemak. Bisa Anda tambah dengan keju parut atau krim keju oles rendah lemak secukupnya.

  1. Sereal

Sereal dapat menjadi pilihan makanan ringan sehat, yang kaya serat dan rendah kadar gula.

  1. Yoghurt dan buah

Pilih yoghurt tanpa rasa dan konsumsi bersama potongan buah. Makanan ringan ini dapat menjadi sumber kalsium yang lezat dan kaya manfaat. Anda juga dapat mencampurkan bahan-bahan sehat lain, seperti biji bunga matahari atau flaxseed.

  1. Sayuran


Tidak hanya menjadi makanan utama, sayuran juga dapat menjadi makanan ringan, seperti wortel kukus yang dipotong kecil-kecil atau irisan timun dan paprika yang renyah.

  1. Roti panggang lapis tomat dan keju

Panggang dua lembar roti tawar yang terbuat dari biji-bijian utuh (misalnya gandum utuh), isi dengan tomat yang dipotong-potong dadu dan keju parut rendah lemak. Bisa juga ditambahkan dengan bawang bombay cincang.

  1. Salmon gulung keju

Sediakan empat lembar salmon asap. Lapisi dengan krim keju rendah lemak, kemudian gulung.

  1. Apel oles selai kacang

Jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi apel potong tanpa campuran apa pun, coba oleskan selai kacang pada potongan apel Anda. Sebagai variasi tambahan, tambahkan bubuk kayu manis. Hanya saja, batasi konsumsi selai kacang.

  1. Smoothies/milkshake


Smoothies dan milkshake buah dapat dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan, karena teksturnya yang lebih kental dari jus dan minuman lain. Anda bisa membuat smoothies berbahan dasar pisang atau bluberi. Blender pisang matang bersama dengan susu rendah lemak. Jika suka, tambahkan bubuk kayu manis.

Selain mengenyangkan, milkshake penuh dengan energi. Untuk smoothies blueberry, Anda bisa membuatnya dengan cara memblender 1/3 cangkir yogurt rendah lemak dengan 2/3 cangkir buah bluberi beku dan es batu. Ini memberi Anda asupan kalsium ekstra dan antioksidan sepanjang hari.(sc/red)

Advertisement