Connect with us

Dunia

Amerika Gencarkan Lobi Dorong Normalisasi Hubungan Sudan dan Israel

Published

on


Geosiar.com – Pemerintah Amerika Serikat meningkatkan lobi-lobinya mendorong normalisasi hubungan Sudan dan Israel menjelang akhir jabatan Presiden Donald Trump.

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa para pejabat Amerika ikut mengawal kunjungan delegasi Israel ke Khartoum, Ibu Kota Sudan pada Rabu kemarin. Sumber kedua mengkonfirmasi perjalanan delegasi Israel namun tanpa mengomentari kehadiran pejabat lain.

Dalam wawancara dengan Channel 13 News Israel pada hari Rabu, Menteri Intelijen Israel Eli Cohen hakul yakin hubungan negaranya dengan Sudan akan membaik.

“Sangat dekat dengan normalisasi hubungan dengan Sudan,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat, 23 Oktober 2020.

Adapun Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan bahwa negaranya sudah memulai proses menghapus Sudan dari daftar negara sponsor terorisme. Ia juga mengatakan sedang berupaya keras untuk membuat Khartoum mengakui Israel.

Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang menjadi ujung tombak jangkauan Israel di Afrika, belum menanggapi permintaan konfirmasi ini. Begitu pula dengan Kedutaan Besar Amerika di Yerusalem.

Kesepakatan yang dimediasi Amerika untuk menormalisasi hubungan antara Israel dan Sudan bisa menjadi modal bagi Presiden Donald Trump untuk dijual dalam menghadapi pemilihan presiden bulan depan.

Seperti diketahui, pembantu utama Trump pekan ini juga mengawal delegasi Israel ke Bahrain dan delegasi Uni Emirat Arab ke Israel untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara Teluk yang dipromosikan oleh Amerika.

Puluhan orang berunjuk rasa di Khartoum pada hari Rabu kemarin menolak normalisasi hubungan Sudan dan Israel. Media Sudan melaporkan puluhan orang membawa bendera Israel lalu membakarnya, seperti dikutip dari The Middle East Monitor.

Pengunjuk rasa menuntut pemerintah Sudan meninjau kembali kebijakan untuk menjalin hubungan baik dengan Israel.(tmp/red)

Advertisement