Connect with us

Nasional

Webinar PP PMKRI, Mikael : Sampah Itu Objek Gerakan

Published

on

Jakarta, Geosiar.com — Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) Santo Thomas Aquinas, menggelar Webinar dengan tema Sampah dalam Kreatifitas Ekonomi Orang Muda, Sabtu (10/10/2020).

Press Relis yang diterima Redaksi Geosiar.com, Minggu (11/10/2020) menjelaskan, Webinar yang dibuka langsung oleh Sekretaris Jendral PP PMKRI, Tri Natalia Urada, menghadirkan narasumber yang membidangi persoalan ini, adalah Direktorat Pengelolaan Sampah, Ari Sugasri dan Penggiat Lingkungan Hidup, Fransiskus Budhi Argasetya.

Dalam sambutannya, Tri Urada berharap webinar ini akan memunculkan inspirasi baru terkait pengelolaan sampah, mengingat realita saat ini sampah selalu menjadi sumber penyakit dan penyebab kerusakan lingkungan.

Moderator dalam webinar ini, Mikael Masi Sarwaji, yang juga Ketua Lembaga Ekonomi dan Kesejahteraan PP PMKRI, menyampaikan sampah menjadi persoalan bangsa Indonesia yang perlu mendapat jamahan.

“Fenomena pegungan sampah Indonesia perlu menjadi objek gerakan kaum intelektual, sampah tidak selalu menjadi petaka jika kita mampu mengelolanya dengan baik” ujar Mikael.

Ari Sugasri dalam kesempatannya memaparkan data persentase timbulan sampah di Indonesia, pengelolaan sampah di Indonesia hingga regulasi yang mengatur persoalan sampah.

Sementara Fransiskus Budhi Argasetya, memaparkan keberhasilannya membudidayakan Lalat Tentara Hitam atau Black Soldier Fly (BSF) dari sampah rumah tangga yang bernilai jual tinggi. Kepada peserta Frans juga memaparkan bagaimana analisis bisnis ini.

Diskusi ditutup setelah sesi tanya jawab peserta dan narasumber usai. Terakhir Ari mengajak untuk bersama pemerintah menyukseskan gerakan Indonesia Bersih 2025.

“Sampah bukan tanggung jawab pemerintah saja, sampah tanggung jawab bersama, sampah punya nilai, ayok kita kerja bersama” tutup Ari.(rel/red)

Advertisement