Connect with us

Lifestyle

Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi Penyebab Kanker pada Pria

Published

on

ilustrasi : Perokok. (dok)

Geosiar.com — Meski masih jarang terjadi, kebiasaan buruk ini bisa menjadi penyebab kanker payudara pada pria.

Dijelaskan oleh dokter onkologi di RS Siloam Semanggi, Jakarta, Aru Wisaksono Sudoyo bahwa saat ini sudah ada tiga orang lelaki yang terkena kanker payudara. Meski angkanya sangat kecil, potensi kesembuhannya justru sulit sekali.

“Kanker payudara pada pria itu justru sulit sekali disembuhkan. Karena dasarnya bukan estrogen. Jadi, sangat sulit disembuhkan,” ujar dia dilansir Okezone.com.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker payudara pada pria, di antaranya adalah kebiasaan buruk ini, merokok. Selain bisa menyebabkan kanker paru-paru, merokok ternyata juga bisa berdampak pada payudara pria.”Pria perokok punya risiko mengidap kanker payudara. Selain itu, faktor lingkungan juga berpengaruh pada kasus langka ini,” tambah dia.

Gejala Kanker Payudara Lelaki
Karena sulit disembuhkan, kanker payudara pada lelaki harus dikenali sejak dini. Berikut beberapa gejala yang kerap muncul pada pasien kanker payudara pria, sebagaimana telah tayang di situs hellosehat.com.

  1. Puting masuk ke dalam atau dikenal dengan inverted nipple.
  2. Puting atau kulit di sekitarnya menjadi keras, merah dan bengkak.
  1. Luka atau ruam pada puting dan areola yang tak kunjung sembuh.
  2. Keluar cairan dari puting.
  1. Ada benjolan kecil di ketiak akibat pembesaran kelenjar getah bening pada era tersebut.

Jika sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, gejala lain juga bisa dirasakan, seperti nyeri tulang, sesak napas, kelelahan yang tak kunjung hilang, kulit gatal, hingga mata menguning.(sp/red)

Advertisement