Connect with us

Olahraga

Timnas Indonesia U-19 Dihajar Latihan Berat Sebelum Uji Coba

Published

on



Jakarta, Geosiar.com — Timnas Indonesia U-19 kembali digenjot latihan dengan intensitas tinggi pada pemusatan latihan (TC) lanjutan yang digelar di Kota Split, Kroasia, pekan ini.
Hal itu diungkapkan pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong yang dilansir dari situs resmi PSSI.


“Kami memberikan menu latihan dengan intensitas tinggi di pekan ini baik di lapangan maupun gym. Hal ini kami lakukan sebelum kembali menjalani beberapa laga uji coba,” kata Shin Tae-yong, Selasa (6/10).

“Di sini udara lebih hangat dan lapangan juga bagus. Tentu para pemain harus selalu bekerja keras, semangat dan fokus pada TC ini,” imbuhnya.

Sebulan sebelumnya, pasukan Garuda Muda telah menjalani TC di Svati Martin Muri dan Zagreb. Tujuh laga uji coba juga telah dilakoni dengan hasil dua kali menang, tiga kali kalah dan dua kali seri.


Kekalahan perdana pada laga uji coba terjadi ketika Bagas Kaffa dkk menghadapi Bulgaria dengan hasil 0-3, dilanjutkan dengan kalah telak dari Kroasia 1-7. Garuda Muda kemudian berhasil menahan imbang Arab Saudi 3-3 pada laga terakhir di turnamen yang digelar Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS).

Pada uji coba lanjutan, Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan 2-1 atas Qatar pada pertemuan pertama dan imbang 1-1 yang kedua. Lalu kalah 0-1 dari Bosnia Herzegovina dan menang 1-0 atas Dinamo Zagreb.

timnas indonesia u-19Timnas Indonesia U-19 menjalani intensitas latihan berat sebelum menghadapi uji coba. (Dok. PSSI)
Selanjutnya Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan untuk kembali menjalani enam laga uji coba selama berada di Split, Kroasia. Uji coba perdana diagendakan dimulai pada Kamis (8/10).

“Nanti akan ada enam kali uji coba nantinya. Uji coba dimulai sejak tanggal 8 [Oktober]. Rencananya ada uji coba dengan klub lokal dan ditunggu saja nanti lawan-lawannya,” kata Asisten Pelatih Timnas U-19, Nova Arianto kepada CNNIndonesia.com, Senin (5/10).

Tak hanya itu, Timnas Indonesia U-19 juga rencananya bakal berhadapan dengan timnas negara lain sebagai bagian dari agenda uji coba. Namun, Nova masih meminta bersabar menunggu secara resmi lawan yang dimaksud.

Kepastian untuk mendatangkan lawan uji coba dari negara lain juga diungkapkan Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada CNNIndonesia.com. Namun, Yunus juga belum bisa menyebutkan negara calon lawan tim besutan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong.

“Lagi proses dengan federasi negara lain. Nanti saya kabari,” ucap Yunus Nusi singkat.

Sementara itu gelandang Timnas U-19, Sandi Arta Samosir mengatakan bahwa saat ini dirinya menikmati semua materi latihan yang diberikan pelatih. Ia juga bertekad untuk terus berjuang keras.


“Kami terus fokus pada TC kali ini. Kondisi saya dan rekan-rekan lainnya dalam kondisi baik,” kata Sandi.

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Timnas Indonesia U-19 akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 dengan status sebagai tuan rumah.(cnn/red)

Advertisement