Connect with us

Dunia

75 Tahun PBB, Angela Merkel Serukan Reformasi Dewan Keamanan PBB 

Published

on

Geosiar.com – Jerman menyerukan reformasi PBB termasuk Dewan Keamanan PBB . Seruan Merkel itu untuk memperingati 75 tahun usia badan organisasi dunia itu.

“Terlalu sering Dewan Keamanan PBB diblokir ketika keputusan yang jelas dibutuhkan,” kata Angela Merkel, Kanselor Jerman melalui pesan video pada Senin malam untuk memperingati hari lahir PBB, seperti dikutip dari Deutsche Welle.

“Kita butuh reformasi,” ujar Merkel.

Menurut Merkel, kepentingan individu anggota PBB telah menghalangi PBB untuk mencapai tujuannya.

“Namun siapa saja yang berpikir dia lebih baik sendirian dengan miliknya merupakan kesalahan. Kesejahteraan kita sebarkan. Begitu juga penderitaan kita. Kita ada di satu dunia,” kata Merkel.

Salah satu pemimpin paling berpengaruh di dunia ini kemudian menunjuk beberapa kasus yang menjadi rujukan perlunya PBB direformasi. Misalnya, masalah pandemi virus corona secara global yang membutuhkan komunikasi dan kerja sama di semua lapisan.

Jerman, kata Merkel, bersedia memperbaiki organisasi di antaranya dengan memperluas Dewan Keamanan PBB, organ PBB yang paling berkuasa.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melalui pesan virtual mengatakan, PBB menghadapi surplus tantangan multilateral namun kekurangan solusi multilateral.

“Bencana iklim membayangi, keanekaragaman hayati hancur, kemiskinan kembali meningkat, kebencian menyebar, ketegangan geopolitik meningkat, dan pandemi Covid-19 telah menunjukkan kerapuhan dunia. Kita hanya bisa mengatasinya secara bersama-sama,” kata Guterres.

Begitupun Guterres memuji PBB yang mampu meredam Perang Dunia ketiga sejak lembaga itu didirikan setelah Perang Dunia II berakhir.

“Perang Dunia ketiga yang ditakuti, telah dicegah. Tidak pernah dalam sejarah modern kita selama bertahun-tahun tanpa konfrontasi militer antara kekuatan-kekuatan besar,” kata Guterres.(tmp/red)

Advertisement