Connect with us

Sumut

PMKRI Medan Audiensi ke Dinsos

Published

on

Medan, Geosiar.com – Ketua Presidium PMKRI Cabang Medan Santo Bonaventura Periode 2020-2021 Ceperianus Gea bersama Presidium Gerakan Kemasyarakatan Sintong Sinaga beserta jajarannya, melakukan kunjungan ke Dinas Sosial (Dinsos) dalam rangka silaturahmi dan Audiensi.

Kunjungan PMKRI Medan tersebut disambut baik oleh Sekretaris Dinas Sosial Kota Medan, Bapak Fahrudin Harahap di Kantor Dinas Sosial Kota Medan, Senin (14/09/2020).

Press Releas yang diterima Redaksi Geosiar.com, Rabu (16/9/2020) menjelaskan, dalam kesempatan tersebut, Ceperianus Gea selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Medan berharap, agar kedepannya melalui Presidium Gerakan Kemasyarakatan PMKRI Cabang Medan bisa bersinergi dengan Dinas Sosial Kota Medan. Hal tersebut disampaikan sebagai bentuk harapan dalam perwujudan PMKRI Medan Sebagai Mitra Kritis dan Strategis Pemerintah.

Sementara itu, Sintong Sinaga selaku Presidium Gerakan Kemasyarakatan (Germas) PMKRI Cabang Medan mempertanyakan tentang berbagai polemik sosial yang saat ini sedang menjadi isu hangat di masyarakat dan menjadi perhatian penting PMKRI saat Ini.

“Kami mempertanyakan bagaimana tindakan kongkret seperti pembinaan yang bisa Dinas Sosial Kota Medan lakukan untuk setiap persoalan sosial seperti Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) serta manusia silver, agar mereka mampu mencapai kesejahteraan sosial seperti yang diamanahkan UUD 1945. Karena baru-baru ini ada manusia silver yang meninggal terlindas truk. Kita juga tidak lupa mempertanyakan hal yang menjadi penghambat setiap program Dinas Sosial di kota medan,” ujar Sintong Sinaga.

Pada kesempatan tersebut, PMKRI Cabang Medan juga menanyakan perihal pemanggilan kepala dinas sosial kota Medan terkait Bansos oleh jaksa penyidik tindak pidana khusus Kejatisu, namun hal tersebut tidak membuahkan hasil karena Kepala Dinas sedang tidak di tempat.

Dinas Sosial kota Medan, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Sosial bapak Fahrudin Harahap dan Kabag program memberikan tanggapan akan isu-isu yang disampaikan oleh PMKRI Cabang Medan. Bapak Fahrudin Harahap menyampaikan bahwa saat ini orang terlantar dan manusia silver sudah menjadi kecemasan tersendiri bagi Dinas Sosial.

Mengingat permasalahan ini bukan hal yang baru terjadi namun sudah berlarut-larut dan tidak pernah tuntas.

“Fasilitas yang tersedia untuk Dinas Sosial masih sangat minim. Untuk wilayah Sumut jumlah panti masih terbatas hanya berjumlah 4 panti. Mobil Patroli hanya satu buah. Padahal Dinas Sosial sudah berkali-kali menyampaikan keluh kesah keterbatasan kemampuan sehingga meminta DPRD Kota Medan untuk memperhatikan penganggaran. Bantuan bagi masyarakat terkena dampak covid-19 juga masih bermasalah untuk saat ini. Hal ini disebabkan adanya masyarakat yang datanya dobel, sehingga ada juga masyarakat yang tidak menerima bantuan sosial,” ujar Fahrudin Harahap.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Sekretaris Dinas Sosial berharap kesadaran masyarakat untuk terlibat berpartisipasi. Dan dia juga berharap komunikasi Dinas Sosial kota Medan dengan PMKRI Cabang Medan kedepannya semakin membaik.

Harapan baik tersebut, juga ditanggapi baik oleh Presidium Gerakan Kemasyarakatan, demi terwujudnya kesejahteraan sosial masyarakat kota Medan dan Sembari menegaskan bahwa PMKRI tetap mengkawal tindakan kongkret yang dinas sosial kota Medan lakukan dalam menyikapi problem sosial yang telah didiskusikan.

PMKRI Medan juga mendesak DPRD kota Medan dan pemerintah supaya lebih perduli akan kesejahteraan sosial masyarakat kota Medan. (rel/red)

Advertisement