Connect with us

Kesehatan

Modesta Marpaung Gelar Sosialisasi Perda No 4/2012, Tingkatkan Pelayanan Puskesmas

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota DPRD Medan Modesta Marpaung SKM minta Pemko Medan melalui Dinas kesehatan serta aparat pemerintah supaya gencar melakukan sosialisasi terkait pandemi Corona Virus Covid 2019 (Covid 19). Saat ini masyarakat sangat resah dan minim pengetahuan pencegahan dan penanggulangan terkait Covid 19.

“Pemerintah harus turun ke masyarakat membantu sosialisasi penekanan penularan Covid 19,” ujar Modesta Marpaung menyahuti keluhan warga saat menggelar sosialisasi ke 5 Perda Pemko No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Jl Taduan /Jl Pardamean No 143 Kelurahan Sidorejo Kec Medan Tembung, Minggu (13/9/2020).

Pada kesempatan itu, Modesta Marpaung minta Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan agar mengoptimalkan fungsi Puskesmas melayani masyarakat terkait kesehatan. Sehingga, masyarakat tidak harus ke Rumah Sakit namun cukup berobat di Puskesmas saja.

“Untuk mendukung Perda Sistem Kesehatan, Pemko Medan harus membenahi sarana dan prasarana di Puskesmas. Dan yang paling utama peningkatan pelayanan kesehatan,” tegas Modesta Marpaung selaku politisi Golkar asal dapil III (Medan Timur, Perjuangan dan Tembung).

Seperti yang dikeluhkan P Sirat, banyak warga yang sama sekali tidak percaya dengan Covid. Namun banyak juga yang paranoid dengan pandemi tersebut. Untuk itu diharapkan Dinas Kesehatan rutin turun sosialisasi menekan Covid 19.

Keluhan lain juga disampaikan P Sirait terkait sulitnya ekonomi dampak pandemi Covid 19. Sementara Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah pusat yang nilainya Rp 600 ribu banyak warga yang tidak dapat informasi.

Sebagaimana yang disosialisasikan Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan pada BAB VI Pasal 10 terkait peningkatan pelayanan kesehatan dasar. Maka Puskesmas lah yang paling awal melayani masyarakat.

Begitu juga dalam Perda No 4 Tahun 2012 mengatur soal Kesehatan Lingkungan. Tujuannya untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat fisik, biologi dan sosial agar setiap orang mendapat derajat kesehatan.

Pemko, swasta dan masyarakat menciptakan lingkungan yang sehat. Lingkungan sehat itu harus bebas dari unsur yang menimbulkan gangguan kesehatan seperti, asap rokok, limbah, sampah zat kimia dan kebisingan.

Selain itu pembebasan biaya pelayanan kesehatan. Biayai seluruh upaya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan di Puskesmas ditanggung oleh Pemko.

Hadir saat sosialisasi Perda, mewakili Kelurahan Sidorame Barat I Mangaratua Pasaribu, mewakili Kecamatan Medan Tembung Saut Samosir, Seklur Kelurahan Sidorame Barat II Markus Silalahi dan mewakili RS Pirngadi Arsita Girsang. (lamru)

Advertisement