Connect with us

Olahraga

PSSI Tiru Regulasi Bundesliga untuk Gelar Liga 1 di Masa Pandemi

Published

on



Jakarta, Geosiar.com – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mematangkan regulasi jelang restart Liga 1 2020 pada 1 Oktober mendatang. Demi lancarnya kompetisi, kedua badan tersebut akan meniru cara yang dipakai Bundesliga.

Ya, liga kasta tertinggi di Jerman itu memang sukses melanjutkan kompetisi di tengah pandemi hingga menelurkan Bayern Munchen sebagai juaranya. PSSI dan PT LIB akan mengikuti cara mereka agar Liga 1 2020 bisa dituntaskan setelah tertunda sejak Maret lalu.

“PSSI dan PT LIB sudah punya gugus tugas sendiri. Sudah buat protokol kesehatan hampir sempurna. Adopsi dari Liga Jerman, WHO, FIFA. Kami siap antispasi jika ada kasus tertentu,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, Jumat (11/9/2020).

“Ada banyak opsi protokol kesehatan yang sudah kami siapkan. Bahkan kompetisi akan tetap berjalan meski ada salah seorang pemain tertular Covid-19.” ujarnya menambahkan.

PSSI dan PT LIB juga sudah memikirkan seandainya satu tim semuanya terpapar Covid-19. Solusinya mereka memerintahkan untuk mendaftarkan setiap pemain U-20 sebagai cadangan para seniornya.

“Kami mengizinkan beberapa pemain U-20 di tiap klub untuk didaftarkan untuk bisa mengantisipasi ada klub yang terpapar Covid-19. Tapi yang jelas kami berharap kompetisi tidak dihentikan. Lebih jelasnya akan kami sampaikan dalam manager meeting dengan klub pada Senin nanti,” ujarnya.

“Pesan Ketum PSSI kita harus mengutamakan protokol kesehatan. Kami tentu harus kerja sama dengan PT LIB untuk menyuguhkan hiburan yang baik dan menjunjung kesehatan. Semoga masyarakat Indonesia terhibur,” ucapnya. (in/red)

Advertisement