Connect with us

Dunia

Menlu Retno Marsudi Gandeng Kanada-Australia Soal Vaksin Corona

Published

on

Ilustrasi vaksin COVID-19 atau virus corona. (dok)

Jakarta, Geosiar.com – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan para menteri Luar Negeri ASEAN juga mengadakan pertemuan dengan negara mitra seperti Australia, Kanada dan Selandia Baru soal vaksin Covid-19.

Pertemuan yang berlangsung secara terpisah ini membahas sejumlah hal seperti multilateralisme dan penanganan pandemi Covid-19.

Pemerintah Indonesia mengajak pemerintah Kanada untuk mendukung multilateralisme dalam penanganan pandemi Covid-19 termasuk untuk memperoleh vaksin Covid-19.

“Prinsip akses setara terhadap vaksin yang aman dan harga terjangkau menjadi bagian penting dari implementasi prinsip multilateralisme di masa pandemi,” kata Retno Marsudi dalam rilis yang diterima Tempo pada Kamis, 10 September 2020.

Retno mengatakan multilateralisme merupakan platform yang penting untuk menjawab tantangan global seperti saat terjadi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Indonesia telah mendukung resolusi PBB untuk mendukung peran lembaga internasional itu dalam merespon pandemi Covid-19.

Indonesia juga mengapresiasi dukungan Kanada senilai 11 juta dolar Kanada atau sekitar Rp124 miliar untuk pemberdayaan usaha kecil dan menengah di ASEAN.

Indonesia juga mengapresiasi dukungan Kanada terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB terkait pelibatan perempuan dalam misi perdamaian PBB.

Dalam pertemuan dengan mitra dari Australia, Indonesia mengajak pemerintah negeri Kangguru untuk menghindarkan kawasan Asia Pasifik agar tidak menjadi panggung bagi kontes geopolitik. Indonesia juga mengajak Australia menciptakan kawasan damai, stabil, dan sejahtera.(red)

Advertisement