Connect with us

Politik

Sejarah Baru, KPU Tolak 2 Kali Berkas Pendaftaran Soekirman dan Tengku Ryan

Published

on

Teks Photo: Ir.H.Sorkirman (Petahana) memberikan keterangan terkait 2 penolakan berkas pendaftaran.(ist)

Geosiar.com,Sergai – Walau diguyur hujan lebat pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir.H.Soekirman dan Tengku Ryan Novandi “Beriman & Trendy” kembali mendaftar ulang ke KPU Sergai didampingi partai pengusung yakni Partai Nasdem,Partai PKS dan Partai PAN,Minggu (06/09/2020) sekitar jam 17.00 WIB.

Karena sebelumnya pada hari Jum’at tanggal 04 September 2020 berkas pendaftaran balon Bupati dan wakil bupati Sergai Ir.H.Soekirman dan Ryan Novandi”Beriman & Trendi telah dikembalikan oleh KPUD Sergai dengan alasan kurang lengkap.

Sebelum memasuki ruangan kantor KPU balon Beriman &Trendy bersama rombongan untuk menyerahkan berkas pendaftaran dengan pengamanan ketat yang dilakukan aparat gabungan terdiri dari Brimob TNI dan Polres Sergai.

Hampir 5 jam berada dalam ruangan KPU paslon Soekirman dan Tengku Ryan didampingi pengurus Partai dan kuasa hukumnya,baru sekitar pukul 22.00 WIB pasangan balon keluar dari ruangan KPU dan tetap dilakukan penjagaan ketat oleh aparat keamanan.

Dihadapan para awak media ,Ir.H.Soekirman mengatakan berkas pendaftaran pencalonan beriman dan trendi untuk kedua kalinya ditolak dan dikembalikan ke KPU Sergai dengan pernyataan tidak lengkap padahal tanggal 4 September 2020 yang kemarin juga dinyatakan tidak lengkap karena perbedaan nama dan pimpinan PAN diatas kertas atau hardcopy.

“Hari ini sudah lengkap namun dinyatakan sama oleh KPU Sergai masih juga tidak lengkap, jadi itu alasan hari pertama dibatalkan. Ini sejarah di Sergai di mana berkas pencalonan dua kali ini dikembalikan,” sebut Soekirman.

Dijelaskan Soekirman, dari 5 orang komisioner KPU melalui rapat pleno 1 orang yang berbesar hati yakni Bayu SH dari divisi hukum yang menerima berkas, dengan catatan harus diklarifikasi apakah benar PAN Sergai dengan sipol sama dengan surat keputusan.

Namun begitupun divisi hukum tidak mau mendatangani berita acara yang disampaikan oleh paslon tersebut jelas Soekirman.

Sementara, ketua KPUD Sergai Erdin Wijaya mengatakan, berkas dukungan balon bupati dan wakil bupati soekirman & Tengku Ryan belum memenuhi persyaratan dan hanya 8 kursi, yang mana Nasdem 6 kursi dan PKS 2 kursi. Seharusnya minimal 9 kursi sesuai dengan peraturan 20% dari 45 dewan yang ada di Kabupaten Sergai, ungkap Erdian.(art)

Advertisement