Connect with us

Sumut

Gubsu Buka MTQ Ke-37 Tingkat Sumut di Tebing Tinggi, Semoga Medan Kembali Juara Umum

Published

on

Tebing Tinggi, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Umum sekaligus Plt Asisten Pemerintahan Setdako Medan Renward  Parapat menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara 2020 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Tebing Tinggi, Sabtu (5/9/2020). Festival pemuliaan Al Qur’an yang berlangsung selama sepekan hari ini mulai 5-11 September dibuka Gubsu Edy Rahmayadi. 

MTQ diikuti 1.197 peserta yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota se-Sumut. Kota Medan sendiri mengirimkan 54 orang kafilah yang merupakan para pemenang MTQ ke-53Tingkat Kota Medan yang digelar 15-22 Februari lalu di Kecamatan Medan Selayang. Para peserta akan mengikuti sejumlah cabang yang diperlombakan, diantaranya yang dilombakan Seni baca Al Quran, Hafalan Al Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Fahmi Qur’an, Syahril Qur’an.

Sebelum pembukaan MTQ dilakukan, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan surat suci Al Qur’an oleh qori internasional Jakfar Hasibuan. Kemudian dilanjutkan pembacaan doa dan laporan kegiatan yang  disampaikan Wakil Wali Kota Tebing Tinggi Ir H Oki Doni Siregar selaku Ketua Panitia Pelaksanaan MTQ. 

Setelah itu diteruskan dengan pengibaran bendera MTQ sebagai tanda dibukanya festival pemuliaan  Al Qur’an tersebut. Pembukaan MTQ  yang menerapkan protokol kesehatan dilanjutkan dengan ucapan selamat datang yang disampaikan Wali Kota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, serta pelantikan dewan pengawas dan dewan hakim yang dilakukan langsung Gubsu.

Dalam sambutannya, Gubsu mengatakan,  digelarnya MTQ  sebagai salah satu upaya syiar Islam guna membesarkan Al Qur’an. Diharapkannya, isi kandungan Al Qur’an  dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Insya Allah dengan Al Qur’an, umat Islam menjadi rahmatan lil  alamin,” kata Gubsu.

Dihadiri unsur Forkompinda Tingkat Sumut serta Bupati dan Wali Kota se-Sumut, Gubsu selanjutnya mengajak semua untuk memeriahkan pelaksanaan  MTQ yang akan berlangsung selama 7 hari  dengan senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Gubsu pun berharap  pemenang kegiatan ini nantinya akan menjadi kafilah mewakili Sumut untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional  XVIII yang akan digelar di Sumbar pada 12-21 November mendatang.

Usai pembukaan yang ditandai dengan penekanan sirine yang dilakukan Gubsu, Asisten Umum Setdako Medan Renward Parapat berharap agar  kafilah dari Kota Medan yang total berjumlah sebanyak 78 orang, dimana peserta sebanyak 54 orang (official 21 orang) dan tim medis (3 orang) diharapkan tampil baik dan penuh percaya diri sehingga keluar sebagai pemenang.

“Sesuai dengan arahan yang disampaikan Bapak Plt Wali Kota sebelum melepas kafilah asal Kota Medan, beliau sudah mengingatkan agar seluruh peserta harus tampil penuh percaya diri.  Dengan modal percaya  diri yang kuat, insya Allah  Kota Medan dapat keluar sebagai juara umum kembali. Sebab, kita sudah 3 kali keluar sebagai juara umum MTQ Tingkat Provinsi Sumut. Di samping itu Medan juga selama ini terkenal sebagai gudang  qori dan qoriah tingkat nasional dan internasional,” ujar Renward. (lamru)

Advertisement