Connect with us

Ekonomi

Dr.Hj. Fitriani Manurung : Hapelnas Diresmikan Megawati Soekarno Putri Untuk Memperkuat Perekonomian

Published

on

Medan, Geosiar.com – Seluruh elemen masyarakat terutama para pelaku bisnis hendaknya menjadikan momentum Hari Pelanggan Nasional (Hapelnas) sebagai sarana meningkatan kinerja ekonomi dalam menunjang perekonomian yang tangguh.

Harapan ini disampaikan, Tokoh Perempuan Kota Medan, Dr.Hj.Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd kepada wartawan saat ditanya terkait Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 04 September 2020.

“Hari ini harusnya menjadi momentum bersama, bagaimana kedepan perekonomian bangsa ini, khusunya Kota Medan bisa terdongkrak kembali,” harapnya saat ditanya wartawan di Medan, Jumat (04/09/2020).

Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital Pariwisata, Pemuda & Olahraga DPC PDI P Kota Medan ini menegaskan, Hari Pelanggan Nasional menjadi bagian tidak terpisahkan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. “Pelanggan sebagai konsumen produk merupakan nyawa bagi perputaran ekonomi. Kuatnya daya beli para pelanggan akan mampu menopang perputaran dan perkembangan perekonomian,” jelasnya.

Fitriani menuturkan, Hari Pelanggan Nasional adalah sebuah Ide mengenai hari untuk mengapresiasi, menghormati dan menghargai loyalitas para pelanggan dari sebuah merk, produk, perusahaan, serta berbagai macam elemen industri yang berkaitan dengan dunia layanan dan penjualan.

Tolak ukur keberhasilan sebuah bidang bisnis kata Fitriani, dapat diukur dari seberapa berhasil sebuah perusahaan dapat memuaskan pelanggannya. Meskipun sebuah ukuran “Puas” dari setiap pelanggan akan dapat berbeda ukurannya dikarenakan tingkat harapan dari para pelanggan yang memang berbeda pula, harapan pelanggan akan dapat dilayani sesuai keinginan dan standarisasi layanan yang ingin mereka dapatkan.

“Di dalam proses berjalannya sebuah bisnis akan ditemui studi kasus yang memunculkan sebuah kejadian dimana sebuah pelanggan yang gagal dipuaskan dan berujung kepada yang namanya komplain atau keluhan pelanggan. Akan tetapi dengan adanya keluhan yang dilontarkan oleh pelanggan kita, justru kita dapat mengambil sebuah pembelajaran dan evaluasi untuk memperbaiki kualitas layanan kita dimasa depan,” terangnya.

Seperti diketahui, di Indonesia Hari Pelanggan Nasional ditetapkan pada setiap tanggal 4 September setiap tahun nya dan diperingati dengan bermacam macam kegiatan dari seluruh elemen industri dengan masing masing cara untuk mengapresiasi loyalitas dari pelanggan mereka.

Harpelnas diresmikan pada masa pemerintahan presiden Indonesia Megawati Soekarno Putri. Pertama kali dicetuskan pada tahun 2003 oleh seorang pengusaha dari kota Solo bernama Handi Irawan. (rel)

Advertisement