Connect with us

Lifestyle

Ramuan Berkhasiat Jeruk Nipis Atasi Batuk dan Serak

Published

on

Geosiar.com – Tak dipungkiri, jeruk nipis memiliki beragam khasiat baik yang sudah terbukti efektif sejak zaman nenek moyang. Termasuk untuk meredakan batuk hingga keluhan suara serak, yang bisa diatasi dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis.

Menurut pakar herbal, dr. Muthaharrah M.Si., dalam acara Hidup Sehat, di TvOne, jeruk nipis memiliki kandungan baik dengan sifat antiseptik. Dengan kandungan itu, maka virus pemicu batuk bisa diminimalisir sehingga perlahan mereda.

Perut Langsing dengan Jeruk Nipis
“Jeruk nipis bersifat antiseptik untuk ringankan batuk. Tapi untuk atasi penyebabnya, perlu konsultasi karena batuk itu gejala dan bukan penyakit utamanya,” tuturnya, Kamis 3 September 2020.

Perasan jeruk nipis, kata Muthaharrah, bisa ditambah dengan madu yang juga bersifat antiseptik. Sementara, untuk mengatasi serak bisa ditambah dengan kencur yang bersifat antiradang.

Jangan khawatir bagi pengidap maag, resep jeruk nipis bisa dikonsumsi dan tak berbahaya bagi lambung. Adapun jika tak ada keluhan, resep ini bisa dikonsumsi untuk menambah asupan vitamin C agar imunitas terjaga.

“Konsumsi 4 kali sehari. Untuk pengidap maag, konsumsi setelah makan agar aman,” terangnya.

Berikut bahan dan cara mengolahnya.

1 sdm perasan jeruk nipis
4 sdm air hangat
Madu secukupnya
Kencur secukupnya (untuk redakan serak).

Tuang perasan jeruk nipis ke cangkir, lalu tambahkan air hangat, aduk. Tambahkan kencur atau madu jika perlu. Minum selagi hangat.(vv/red)

Advertisement