Connect with us

Politik

DPRD Minta Pemko Medan Lebih Fokus Tangani Sampah

Published

on

Medan, Geosiar.com – Anggota DPRD Medan asal Partai Golkar Modesta Marpaung S.K.M minta Pemko Medan lebih fokus membenahi kebersihan terutama masalah sampah di kota Medan. Kebersihan merupakan pangkal segalanya menuju hidup lebih baik terutama kesehatan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu disampaikan Modesta Marpaung saat menggelar reses ke III masa sidang ke III Tahun 2020 gelombang I daerah pemilihan (dapil) III di Jl Bambu Runcing Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Medan Perjuangan, Sabtu (29/8/2020). Hadir saat acara reses perwakilan Camat Medan Perjuangan Saut Samosir, Lurah Pahlawan Tompu Pasunan Siregar, mewakili Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Yamin Daulay para Kepling dan ratusan warga.

Menurut Modesta Marpaung, terkait masalah sampah masih terus dikeluhkan warga. Ketiadaan tempat sampah sementara di lingkungan warga menjadi masalah besar yang berdampak pembuangan sampah sembarangan.

Begitu juga sampah yang tidak dan selalu terlambat diangkut dari pemukiman penduduk mengakibatkan lingkungan kumuh bau busuk. Akhirnya warga memilih buang sampah ke sungai dan parit karena tidak tersedianya wadah sampah. Dan tentu kebiasaan membuang sampah sembarangan berdampak buruk dan mengakibatkan lingkungan kumuh bahkan parit tumpat sehingga banjir.

“Untuk mewujudkan Kota Medan Cantik harus diawali penataan kebersihan lalu infrastruktur. Warga akan mudah diajak menjaga kebersihan apabila fasilitas sarana dan prasarana kebersihan tersedia,” papar Modesta Marpaung.

Pada kesempatan itu, Modesta Marpaung mengajak masyarakat agar peduli kebersihan lingkungan. “Kita mulai dari kebersihan rumah dan lingkungan kita sendiri. Budayakan gotong royong membersihkan lingkungan kita masing masing,” pinta Modesta Marpaung.

Sebelumnya saat pelaksanaan reses, salah sati peserta reses Linda P warga Kesatria mengeluhkan minimnya sarana tempat pembuangan sampah. Sehingga, warga banyak membuang sampah sembarangan.

Warga tadi minta anggota DPRD Medan Modesta Marpaung dapat memfasilitasi ke Pemko Medan proses percepatan pengadaan bak bak dan wadah sampah lainnya.

Sementara itu, pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Yamin Daulay yang hadir mengikuti reses menyampaikan pihaknya tetap meningkatkan pelayanan kenersihan di Kota Medan. “Terutama penyediaan sarana prasarana sampah hingga pengangkutan menjadi prioritas kita,” ujar Yamin.

Ditambahkan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan saat ini sedang membuat darrah percontohan bebas sampah. “Pihak kami saat ini berupaya memberikan pelayanan kebersihan di Kota Medan. Memang sedikit program agak tertunda karena pandemi Covid 19. Kita harapkan partisipasi masyarakat untuk mewadahi sampah masing masing untuk mempermudah pengangkutan,” harap Yamin. (lamru)

Advertisement