Connect with us

Ekonomi

Pemko Medan Diminta Galakkan Program Ketahanan Pangan Holtikultura dan Hidroponik

Published

on

Medan, Geosiar.com – Masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) yang berkepanjangan dan berdampak buruk terhadap ekonomi menjadi perhatian wakil rakyat yang satu ini. Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor mengaku prihatin sehingga mendorong Pemko Medan melakukan gebrakan program ketahanan pangan melalui tanaman holtikultura dan hidroponik.

Untuk itu, Pemko melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Medan diminta supaya memfasilitasi masyarakat Medan guna pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dan usaha ternak lele.

“Pemko Medan melalui Plt Walikota Medan Akhyar Nasution harus mengantisipasi krisis ekonomi kerakyatan sejak dini. Solusinya pemanfaatan lahan kosong pekarangan rumah tanaman sayur dan usaha ternak ikan membantu ekonomi keluarga, ” sebut Antonius Tumanggor (foto) kepada wartawan, Kamis (27/8/2020).

Untuk mendukung program tersebut kata Antonius Tumanggor asal politisi NasDem itu, Pemko Medan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan diminta supaya menyediakan bibit tanaman dan ikan. Pemko Medan melalui aparat Kelurahan dan Kepling supaya melakukan sosialisasi.

Menurut Antonius Tumanggor didampingi tim Sopo Restorasi kader Partai NasDem Kota Medan Drs.Nelson Nababan, Pak Piet, Victor Hutauruk melalui tanaman Holtikultura akan dapat membantu dan mendukung perekonomian keluarga. Pekarangan rumah yang kosong dapat ditamani sayuran, cabai dan bawang serta kolam ikan lele dan nila.

“Jika ini terlaksana, maka, dapat meningkatkan produksi dan pendapatan masyarakat, juga mendukung program ketahanan pangan Nasional,” ujar Antonius Tumanggor yang duduk di Komisi 4 DPRD Medan bidang pembangunan itu.

Sementara, Ketua tim Sopo Restorasi ATR, Pak Nelson Nababan menambahkan, kondisi ini sangat dibutuhkan apalagi dimasa pandemi COVID-19 ini, sebagian besar warga banyak tinggal dirumah, sehingga untuk menghilangkan kejenuhan, bisa melakukan aktivitas bercocok tanam seperti Holtikultura dan Hidroponik.

” Ini tentunya akan dapat memunculkan kegiatan ekonomi kreatif, dan sangat membantu perekonomian keluarga terutama di masa pandemi saat ini, juga dapat memanfaatkan lahan-lahan sempit di sekitar lingkungan tempat tinggal,” harapnya. (lamru)

Advertisement