Connect with us

Dunia

WHO : Corona di Asia Pasifik Masuk Fase Baru 

Published

on

Manila, Geosiar.com – Pejabat organisasi kesehatan dunia atau WHO mengatakan merebaknya kasus baru pandemi Covid-19 di sejumlah negara di Asia Pasifik menunjukkan adanya pola baru.


Dia mencontohkan Vietnam, yang sempat terlihat mampu mengendalikan penyebaran kasus Corona ini justru belakangan mengalami lonjakan kasus baru.

“Apa yang kami perhatikan adalah ini bukan hanya kemunculan kembali. Kami yakin ini adalah sinyal bahwa kita telah memasuki fase baru pandemi di Asia – Pasifik,” kata Takeshi Kasai, direktur wilayah Pasifik Barat WHO seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa, 18 Agustus 2020.

Sejumlah negara seperti Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru mencatat lonjakan kasus baru selama beberapa pekan terakhir.

Ini membuat, misalnya, negara bagian Victoria, Australia, menerapkan lockdown di Kota Melbourne.

Pemerintah Selandia Baru juga menerapkan lockdown terbatas di Auckland, yang merupakan kota terbesar dan terpadat di sana seperti dilansir Reuters.

Sedangkan Korea Selatan memperketat kegiatan di Ibu Kota Seoul dengan social distancing fase dua. Ini berarti, misalnya, warga tidak boleh menonton pertandingan olahraga.

Kasai mengatakan negara-negara bisa mengurangi gangguan terhadap kehidupan dan ekonomi dengan menggabungkan kemampuan deteksi dini dan respon yang kuat terhadap kasus baru Covid-19 atau Corona.(tmp/red)

Advertisement