Connect with us

BMKG

Hari Ini Sinabung Tercatat Empat Kali Erupsi, Tiga Wilayah Terpapar Abu Vulkanik

Published

on

Keterangan foto : Petani bunga, serta cabe di Karo, tepatnya di Desa Sumbul, terpaksa ekstra keras guna menyisihkan paparan abu vulkanik, jumat (14/8/2020)

Tanahkaro – Geosiar – Gunung Api Sinabung yang berada di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo terus menunjukan intensitasnya terhadap warga sekitar serta sudah menjadi perhatian hingga mancanegara saat mengalami erupsi.

Untuk saat ini, data dari pihak Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Sinabung, Armen Putra mengutarakan, Jumat (14/8) Gunung Api Sinabung mengalami empat kali erupsi, hingga jam 16.56 WIB.

Teramati Abu vulkanik ke luar dari kepundan Gunung Api Sinabung melambung tinggi hingga mencapai 4,2 kilometer (4200) meter.

“Dimana abu vulkanik mengudara condong ke arah Timur. Erupsi disertai awan panas sekitar 1,5 kilometer ke arah Tenggara serta 500 meter ke Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu, ungkap Armen, jam 14.55 WIB erupsi Gunung Api Sinabung tidak teramati, sementara pada jam 14.25 WIB tinggi kolom erupsi mencapai 1,5 kilometer.

Dimana abu vulkanik menerjang ke sisi bagian wilayah Timur. Sedangkan erupsi pertama pada hari ini terjadi pada jam 10.30 WIB dengan tinggi kolom erupsi mencapai 2,1 kilometer dan kolom abu teramati mengarah ke bagian Tenggara dan Selatan,” pungkasnya./by/edy surbakti.

Advertisement