Connect with us

Daerah

Program GEMAS, Pemkab Sergai Bedah Rumah Penyandang Disabilitas

Published

on

Teks Foto: Bupati Sergai Ir.H.Soekirman memberikan bantuan bedah rumah kepada salah seorang penyandang disabilitas puluhan tahun. (Foto/ist)

Geosiar.com,Sergai – Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkap Sergai)terhadap masyarakat.Bupati Sergai Ir.H.Soekirman memberikan bantuan bedah rumah kepada salah seorang penyandang disabilitas puluhan tahun, Rabu (12/08/2020)

Penyandang disibilitas tersebut bernama Roman (42) Warga Dusun IV Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin.

Saat peresmian bedah rumah program GEMAS untuk penyandang disabilitas, Bupati Sergai Ir.H.Soekirman didampingi oleh Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit, Kapus, dan Kades Kuala Lama

Saat menyerahkan bantuan, Bupati Soekirman menyampaikan bahwa dalam menjalankan tugas utama Kepala Daerah yaitu Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan, kami hadir di tengah-tengah masyarakat. “ Saat ini Roman (42) dapat menempati rumah baru setelah mendapatkan program bedah rumah dari Pemkab Sergai melalui Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS) dari Dinas Kesehatan Sergai.

” Ini merupakan tugas pemerintah, salah satunya adalah kemasyarakatan yaitu mengimplementasikan program GEMAS. Selain itu ada tugas pemerintahan dan pembangunan,” sebut Bupati.

Bupati menyebutkan, kegiatan sosial seperti ini merupakan program dari GEMAS yang peduli terhadap masyarakat yang hidupnya seperti dipabel dan disabel. Atas kepedulian ini Pemkab Sergai melalui program GEMAS mendonasikan sebuah rumah kecil beserta semua fasilitasnya kepada Roman penyandang disabilitas, tuturnya.

Menurut Bupati Soekirman, kegiatan program GEMAS ini telah banyak dilakukan seperti bedah tumor, polio, hydrosafalus, dan lain-lainnya. Jumlahnya sudah banyak yang telah dilakukan program GEMAS ini, bahkan datanya pun ada di Dinas Kesehatan.

Oleh karenanya, Bupati Soekirman berharap, kepada masyarakat Sergai jika memang ada warga yang sakit jangan ada yang disembunyikan. Namun, diberitahukan kepada pemerintah setempat, agar bisa dicari solusinya untuk berobat. “Apakah bisa dengan cara berobat secara alternatif, tapi jangan dibiarkan masyarakat itu sampai menderita.

Beliau mengatakan,sebelumnya beberapa waktu yang lalu, bersama Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit dan Kadis Sosial H. Ifdal telah mengunjungi Roman penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan selama puluhan tahun, tinggal seorang diri digubuk reot, persisnya dibelakang rumah warga sekitar.Melihat kondisinya seperti ini, saya sangat prihatin lalu melalui program GEMAS Pemkab Sergai kami (Pemkab Sergai) membedah rumah Roman yang tak layak huni menjadi layak huni.(art)

Advertisement