Connect with us

Lifestyle

7 Makanan yang Mengandung Kalsium Selain Susu

Published

on

Ilustrasi : tahu menjadi salah satu makanan yang mengandung kalsium selain susu. (Foto/dok)


Jakarta, Geosiar.com — Kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Bukan cuma susu, beberapa makanan lain juga diketahui mengandung kalsium.


Selain menjaga tulang tetap sehat, kalsium juga berperan dalam mengatur kontraksi otot, menjaga kesehatan kardiovaskular (menjaga kerja otot jantung), dan masih banyak lagi lainnya.

Kalsium secara alami juga terkandung di sejumlah makanan. Berikut beberapa makanan yang mengandung kalsium selain susu.

  1. Sarden dan salmon kaleng
    Sarden atau salmon kaleng mampu memberikan Anda asupan kalsium. Mengutip Healthline, sekitar 92 gram sarden bisa memenuhi 35 persen kebutuhan kalsium harian. Sedangkan 85 gram salmon kaleng dapat memenuhi sekitar 21 persen kebutuhan kalsium harian.

Kedua jenis ikan ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung, otak, dan kulit. Tidak sulit untuk menikmatinya karena produk kalengan biasanya hanya perlu dipanaskan selama beberapa menit.

  1. Almond
    Kacang-kacangan juga mengandung kalsium yang diperlukan tubuh. Namun, almond adalah kacang dengan kandungan kalsium tertinggi. Sebanyak 22 butir almond mampu memenuhi 8 persen dari kebutuhan kalsium harian.


Di samping itu, konsumsi almond juga memberikan Anda asupan serat yang baik. Sebagai tambahan, tubuh pun memperoleh asupan lemak sehat, protein, magnesium, mangan, dan vitamin E dari konsumsi almond.

  1. Bayam
    Sayuran berupa daun-daunan hijau gelap memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Bayam masuk dalam kategori ini, bersama kale dan brokoli.

Dalam 100 gram bayam, Anda dapat memperoleh sebanyak 99 miligram kalsium. Bayam dapat diolah dengan berbagai kreasi.

  1. Tahu
    Meski kerap digaungkan sebagai sumber protein, Anda juga bisa memperoleh asupan kalsium dari konsumsi tahu. Namun, jumlah kandungan kalsium bergantung pada label dan kepadatan tahu.

Soy Products. Soy Bean Food and Drink Products Photograph with Several Elements including loose bean,tofu, and soy milk. Full block of tofu. Half block of tofu sitting on plate of loose soy beans. Green beans in black square bowl. Glass filled with soy milk.Ilustrasi. Tahu juga menjadi salah satu pilihan makanan yang mengandung kalsium. (Istockphoto/Diane Labombarbe)
Biasanya, untuk 64 gram tahu mengandung sekitar 275-861 miligram kalsium. Tahu bisa diolah menjadi aneka sajian seperti pepes tahu, tumis tahu, atau bahkan tofu steak alias steak tahu.

  1. Kedelai
    Mengutip Medical News Today, sekitar 236 mililiter susu kedelai mengandung kalsium setara dengan susu sapi. Sedangkan 100 gram kedelai mentah mengandung 277 miligram kalsium.

Selain itu, konsumsi susu kedelai juga dapat memberikan Anda asupan vitamin D. Kandungan lemak jenuh pada susu kedelai juga lebih rendah dari susu sapi dengan tambahan laktosa.

  1. Biji chia
    Biji chia atau chia seed kerap digunakan sebagai campuran puding atau smoothies. Cukup konsumsi dua sdm biji chia, Anda suda memperoleh 179 miligram kalsium.

Kandungan boron pada biji chia juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Komponen ini membantu tubuh memetabolisme kalsium, fosfor, dan magnesium.

  1. Ubi
    Selain memberikan rasa kenyang berkat kandungan karbohidratnya, ubi juga mengandung kalsium yang mampu menguatkan tulang dan gigi. Makanan ini mengandung 68 miligram kalsium jika disajikan dalam ukuran cukup besar. Ubi juga diketahui mengandung potasium, vitamin A, dan C. Vitamin A dan C berperan penting sebagai agen antioksidan.

Konsumsi beberapa pilihan makanan yang mengandung kalsium di atas demi tulang dan otot yang tetap terjaga.(cn/red)

Advertisement