Connect with us

Sumut

Ketum PDIP : 13 Kepala Daerah di Sumut yang Terjerat Korupsi

Published

on



Geosiar.com – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyoroti kepala daerah di Sumatera Utara (Sumut) yang menurutnya banyak terjerat kasus korupsi. Megawati mewanti-wanti para bakal calon kepala daerah yang mendapat rekomendasi dari PDIP agar tak terjerat kasus hukum, apalagi korupsi.


“Coba, seperti Sumatera Utara. Coba itu tadi satu rengreng banyak sekali, to. Tolong dipikir, tolong diingat, berapa gubernur yang kena, berapa wali kota yang kena. Semuanya urusannya adalah masalah hukum. Coba saja dilihat,” kata Megawati saat memberikan arahan usai pengumuman rekomendasi PDIP kepada pasangan calon di 75 daerah Pilkada 2020, Selasa (11/8/2020).


Dia meminta para bakal calon kepala daerah tak terlena dengan jabatan. Menurutnya, para calon kepala daerah punya hak ekslusif karena tak bisa dengan mudah diganti partai pengusung jika terjerat kasus hukum.

“Kalian yang akan saya beri rekomendasi ini itu akan eksekutif. Di eksekutif, tidak ada, kalian boleh saja senang, tidak ada yang namanya sanksi. Jadi kalau itu saya sendiri suka jengkel. Kalau di struktur ada sanksi, di legislatif ada sanksi, kita bisa ganti dengan PAW. Tetapi eksekutif tidak. Ini kalau yang ada pikiran jelek, sudah senang, ‘wah rupanya kita nggak bisa nih diberikan sebuah sanksi’,” kata Megawati.

Sejauh ini, ada 13 orang kepala daerah dari Sumut yang terjerat kasus korupsi. Jumlah itu hanya kepala daerah yang kasus korupsinya ditangani oleh KPK. Berikut daftarnya:

  1. Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin
  2. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho
  3. Wali Kota Medan Abdillah
  4. Wakil Wali Kota Medan Ramli
  5. Bupati Nias Binahati B Baeha
  6. Bupati Nias Selatan Fahuwusa Laia
  7. Wali Kota Pematangsiantar Robert Edison Siahaan
  8. Bupati Mandailing Natal Hidayat Batubara
  9. Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang
  10. Bupati Batu Bara OK Arya Zulkarnaen
  11. Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap
  12. Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu
  13. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. (dtk/red)
Advertisement