Connect with us

BMKG

Gunung Sinabung Erupsi Dengan Ketinggian Kolom 7460 MDPL

Published

on

Saat Gunung Api Sinabung erupsi sekira pukul 10.00 Wib, Senin (10/8/2020).

Tanahkaro – Geosiar – Gunung Api Sinabung yang berada di kabupaten karo provinsi sumatra utara kembali terlihat Erupsi sebanyak dua kali sekira pukul 10 :16 Wib, senin (10/8/2020).

Armen putra, petugas Gunung Sinabung di Kecamatan Simpang Empat mengatakan bahwa Erupsi Gunung Api mencapai ketinggian kolom abu 5000 Meter (5 Km) di atas puncak dan± 7460 Meter (7,460 Km) di atas permukaan laut (MDPL). dan Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas ke arah Timur dan Tenggara, Senin (10/8/2020).

Lanjutnya Lagi, saat ini Gunung Api Sinabung berstatus siaga (level III) dengan rekomendasi agar masyarakat dan pengunjung wisata tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Lokasi Zona merah dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, radius sektoral 5 km untuk sektor selatan dan timur, serta 4 km untuk sektor timur dan utara.

Jika terjadi hujan abu, kita himbau agar masyarakat memakai masker bila beraktifitas diluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan akibat abu vulkanik, dan untuk masyarakat yang berada dan bermukim di dekat aliran sungai – sungai yang berhulu di Gunung Sinabung tetap waspada terhadap adanya potensi bahaya lahar, ujar Armen,Senin (10/8/2020).

Amatan Awak media di lokasi, akibat erupsi Sinabung terlihat di sejumlah desa yang terpapar abu Vulkanik mengakibatkan potensi kerusakan tanaman yang cukup parah.

Berdasarkan informasi, paparan abu vulkanik yang disemburkan dari erupsi gunung sinabung sudah mencapai kedaerah daerah lainya, seperti Kabupaten Deliserdang dan Kota Tebing tinggi./edy surbakti.

Advertisement