Connect with us

Dunia

Akibat Corona, Kematian Capai 1.007 Jiwa Sehari di India

Published

on



Jakarta, Geosiar.com — India mencatat 1.007 kematian akibat infeksi virus corona dalam waktu 24 jam terakhir. Kementerian Kesehatan India melaporkan total kematian akibat Covid-19 hingga Senin (10/8) mencapai 44.386.

]
Sementara itu jumlah kasus positif virus corona yang dilaporkan sejauh ini mencapai 2.215.074. Sedikitnya 634.935 pasien saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Mengutip Associated Press, dalam empat hari terakhir per harinya rata-rata lebih dari 60 ribu kasus baru virus corona dilaporkan terjadi di India. Jumlah tersebut meningkat dari rata-rata kasus harian Covid-19 pada Juni sekitar 50 ribu.

10 negara bagian menyumbang hampir 80 persen kasus baru Covid-19 setiap harinya di India.


India hingga kini masih menjadi negara dengan kasus corona tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil. Dari sisi kematian akibat corona, India berada di urutan kelima setelah AS, Brasil, Meksiko, dan Inggris.


Pemerintah India sempat memberlakukan lockdown ketat yang berimbas signifikan pada sektor perekonomian negara. Sejumlah pejabat negara hingga seniman diketahui mengidap Covid-19.

Menteri dalam negeri India, Amit Shah pekan lalu mengabarkan jika dirinya positif terinfeksi virus corona. Ia mengabarkan mendapat perawatan di rumah sakit New Delhi, India.

Berselang beberapa hari sebelumnya, Shah diketahui menghadiri rapat kabinet di kediaman Perdana Menteri, Narendra Modi. Selain bertemu Modi, Shah diketahui juga bertemu dengan pejabat pemerintah dan anggota parlemen India lainnya, termasuk anggota parlemen Babul Supriyo.


Untuk itu ia meminta orang-orang yang sempat melakukan kontak dengannya agar melakukan karantina diri dan menjalani pengetesan virus.

“Saya telah menjalani tes dan dinyatakan positif,” tulis Shah melalui Twitter pada 4 Agustus lalu.(cnn/red)

Advertisement