Connect with us

BMKG

Tim Satgas Tanggap Bencana Sinabung Bagikan Masker Saat Bersihkan Abu Vulkaik

Published

on

Tim Tanggap Darurat Bencana Sinabung, Kapolres Tanahkaro AKBP Yustinus Setyo Sik Bagikan Masker kepada warga terdampak abu vulkanik sinabung di seputaran desa naman teran (9/8/2020)

Tanahkaro – Geosiar – Usai gelar Apel gabungan, tim Satgas Tanggap Darurat Bencana Sinabung bersama seluruh petugas langsung bergerak menuju bebeberapa titik lokasi yang terpapar Abu Vulkanik.

Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto S.sos Mengatakan Focus pembersihan tertuju pada Desa Naman, Kecamatan Naman Teran, yang terlihat terpapar Abu paling parah.

Mobil pemadam kebakaran dan truk Water Canon, langsung menyiramkan air ke badan jalan yang tertutupi oleh abu vulkanik, dan terlihat juga petugas lainnya dengan menggunakan sapu membersihkan sisa material agar tidak menumpuk dan menjadi lumpur.

Menurut Dandim, langkah ini adalah upaya agar masyarakat dapat beraktifitas kembali seperti biasa, dan menjaga agar tidak terjangkit penyakit pernapasan.

“Kemarin sudah kita lakukan juga pembersihan awal, namun karena abu vulkanik masih tebal, kita lakukan pembersihan lanjutan, minggu (09/08/2020).

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pembagian masker yang diberikan kepada masyarakat.

“Kita juga ada bagikan masker, karena dampaknya abu itu sangat berpengaruh bagi pernafasan.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjauhi zona merah, dan jika melakukan aktifitas tetap memakai masker, dan selain mengantisifasi agar tida terhirup Abu vulkanik, juga dapat mencegah dan memutus penyebaran mata rantai Covid 19, ujar Dandim./edy surbakti

Advertisement