Connect with us

Olahraga

5 Pembalap yang Berpotensi Menang di MotoGP Republik Ceko 2020

Published

on

Ilustrasi : Pembalap MotoGP. (Foto/dok)


Geosiar.com – MotoGP Republik Ceko 2020 akan berlangsung di Sirkuit Brno, pada hari ini Minggu (9/8/2020) malam WIB. Balapan yang akan berlangsung dalam 21 lap itu merupakan salah satu favorit dari pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

Rossi adalah pembalap dengan kemenangan terbanyak di Sirkuit Brno. The Doctor –julukan Rossi– sudah lima kali menempati podium pertama di Sirkuit Brno, tetapi kemenangan terakhir Rossi terjadi pada musim 2009.

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa pembalap lain yang mungkin mengukir kemenangan pada malam ini. Berikut lima pembalap yang mungkin memenangkan MotoGP Republik Ceko 2020:

  1. Johann Zarco (Reale Avintia)

Pembalap Reale Avintia, Johann Zarco, mencuri perhatian di MotoGP Republik Ceko 2020. Zarco tampil apik pada sesi latihan bebas satu dan tiga. Performa Zarco sempat menurun pada sesi latihan bebas dua dan empat, tetapi itu terbayarkan saat kualifikasi.

Zarco menuntaskan kualifikasi sebagai pembalap dengan catatan waktu terbaik. Pembalap berpaspor Prancis itu pun akan memulai balapan dari posisi pertama. Itu sangat menguntungkan bagi Zarco yang mengincar kemenangan pertamanya di MotoGP. Zarco harus tampil maksimal sejak awal balapan agar posisi pertama bisa dipertahankannya hingga akhir.

  1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, gagal meraih pole position untuk pertama kalinya pada musim ini. El Diablo –julukan Quartararo– akan memulai balapan dari belakang Zarco.

Memulai balapan dari posisi kedua tidaklah buruk untuk Quartararo. Pembalap berpaspor Prancis itu seharusnya bisa menyalip Zarco karena motor Quartararo lebih mutakhir. Zarco menggunakan Desmosedici GP19 sedangkan Quartararo mengendarai YZR-M1 edisi musim ini.

Selain itu, El Diablo pun sedang dalam kepercayaan diri tinggi setelah memenangi dua balapan sebelumnya. Kemenangan diraih Quartararo dengan mendominasi balapan. Dominasi Quartararo kemungkinan besar kembali terlihat pada malam nanti.

  1. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)

Ada rekan setim Rossi, Maverick Vinales dalam daftar ini. Vinales yang akan memulai balapan dari posisi kelima memiliki modal bagus jelang mengaspal di Sirkuit Brno malam nanti. Top Gun –julukan Vinales–finis di posisi kedua pada dua balapan sebelumnya.

Hasil apik itu adalah buah dari penampilan konsisten Vinales pada musim ini. Kekurangan Vinales hanyalah belum mampu meraih kemenangan di MotoGP 2020. Vinales berpeluang besar meraih kemenangan pada malam nanti, asalkan bisa menaklukkan para pembalap lain dan kondisi aspal Sirkuit Brno yang bergelombang.

  1. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT)

7)

Selain Quartararo, rekan setimnya, Franco Morbidelli juga berpeluang memenangkan MotoGP Republik Ceko 2020. Akan tetapi, Morbidelli tidak membawa modal apik seperti Quartararo ke Sirkuit Brno. Juara Moto2 2017 itu justru membawa modal buruk, yakni gagal finis pada balapan seri Andalusia karena masalah teknis.

Hasil buruk itu jadi bara yang membakar semangat Morbidelli untuk meraih kemenangan di Sirkuit Brno. Semangat Morbidelli dilengkapi dengan kecepatan mumpuni dari motornya. Peluang pembalap berpaspor Italia itu untuk meraih kemenangan pertamanya di MotoGP terbuka lebar karena ia akan memulai balapan dari posisi ketiga.

  1. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha)

Rossi yang sudah disinggung sebelumnya juga masuk dalam daftar ini. The Doctor –julukan Rossi– mungkin sudah lama tidak menang di Sirkuit Brno dan ia juga akan memulai balapan dari posisi ke-10, tetapi itu tidak berarti peluang Rossi untuk menang tertutup.

Peluang Rossi cukup besar apalagi kepercayaan dirinya tengah meningkat setelah finis di posisi ketiga pada balapan seri Andalusia. Motivasi Rossi pun bertambah karena podium di Sirkuit Brno akan menjadi torehan ke-200 dalam kariernya. Berbagai hal positif yang menanti Rossi di Sirkuit Brno akan menjadi penyemangatnya untuk meraih kemenangan.

The Doctor harus mempersiapkan pengaturan motor yang tepat, fokus sejak lap pertama, dan tidak melakukan kesalahan ketika menyalip para pembalap di depanya. Jika bisa melakukan semua itu, Rossi seharusnya mampu meraih kemenangan pertamanya di MotoGP sejak balapan seri Belanda musim 2017.(oz/red)

Advertisement