Connect with us

Daerah

Tanaman Padi Diserang Hama Wereng, Dinas Pertanian Sergai Belum Meninjau

Published

on

Teks Foto: Hamparan padi yang terserang hama wereng coklat. (Foto/ist)

Geosiar.com,Sergai – Tanaman padi di berbagai daerah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di serang hama wereng coklat yang mengakibatkan tanaman padi tersebut kering gosong dan mati hingga petani mengalami kerugian yang cukup besar.

Berdasarkan penelusuran wartawan geosiar.com ,Selasa (04/08/2020) sekitar jam 11.00 WIB di Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah dan Desa Hapoltahan Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Sergai.Nampak Puluhan hektar tanaman padi sawah gosong mengering terkena hama wereng yang mengakibatkan tanaman padi tersebut tidak dapat dipanen oleh pemiliknya.

Salah satu warga Hapoltahan J.Tambun mengatakan sebahagian tanaman padi miliknya ada terkena hama wereng coklat.

” Hama wereng Coklat ini menyerang sawahnya semenjak dua minggu yang lalu,sebutnya.

Tambun menuturkan,serangan hama wereng ini terjadi pada saat tanaman padinya berumur 75 hari sampai 90 hari.

“Saya sudah menyemprotkan berbagai racun pembasmi wereng tetap juga padi ku diserang,anehnya serangan wereng tersebut begitu cepat dengan model bertumpuk-tumpuk”,katanya.

Meski sudah berupaya memberikan solusi dengan menyemprot racun hama di sawah padi miliknya agar tidak diserang wereng namun hama wereng tersebut terus merusak padi miliknya yang hampir siap panen,ucapnya dengan sedih.

“Terpaksa saya mengarit padi saya hari ini, padahal padi tersebut belum waktunya untuk di panen, ” tambahnya.

Sebelum terjadinya serangan hama Wereng Batang Coklat , padi miliknya bisa menghasilkan panen padi sebanyak 150 goni ukuran 80 kg seluas Satu setengah hektar sawah.

Ditempat terpisah, Endik (51) warga dusun V Desa Pematang Ganjang saat berada di sawah miliknya juga mengalami serangan hama Wereng Batang Coklat. Ada seluas satu setengah hektar lahan sawah miliknya hampir setengah hektar sawah diserang hama wereng.

” Hasil panennya menurun derastis, yang jelas panen sawah padi pada tahun ini kita merugi, ” Ucap Hendrik.

Para petani meminta kepada Pemkab Sergai melalui Dinas Pertanian agar jeritan petani ini di perhatikan serta membantu dan meninjau lahan petani yang sedang diserang hama wereng ini, serta mencari salusinya,

Petani sangat kecewa kepada Dinas Pertanian ,semenjak adanya dampak serangan hama wereng Coklat ini , Dinas Pertanian belum meninjau ke lokasi. (art)

Advertisement