Connect with us

Daerah

Pelatihan Manajemen Koperasi Tebing Tinggi Dibuka

Published

on

Tebingtinggi,Geosiar.com

Dinas Koperasi Kota Tebingtinggi menggelar Kegiatan Pelatihan Manajemen Koperasi bagi Penggurus/ Penggelola Koperasi se Kota Tebingtinggi, Senin ( 27/7) di Hotel Malibau jalan Sudirman Tebingtinggi selama 4 hari berturut turut.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Tebingtinggi, Gul B Siregar melalui Sekretaris, Aidil MSi saat membuka acara mengatakan kegiatan ini Sumber dana dari APBN melalui DAK Non Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM Tahun 2020.

Dan , untuk narasumber dari Dewan Koperasi Daerah Wilayah Prov Sumut Dari Kepala UPT Pelatihan Koperasi Dan UKM Propinsi Sumut, Dinas Koperasi UKM.

Selanjutnya, Pasal 3 Ayat (1) UUD 1945 menyatakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Selain itu, UU No.25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian juga menyatakan bahwa koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan berlandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan keberadaan koperasi menjadi sebuah lembaga ekonomi yang kuat dan mandiri serta menjadi wadah utama pembinaan masyarakat golongan ekonomi mikro serta mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh, tentunya dibutuhkan organisasi, manajemen, pengelolaan keuangan dan usaha yang sehat dan mandiri,” kata Aidil saat membuka pelatihan manajemen koperasi yang diikuti 40 pengurus dan pengelola koperasi.

“Dan, kegiatan pelatihan manajemen koperasi ini adalah salah satu wujud dari pelaksanaan UU tersebut.

Ia berharap melalui pelatihan yang menghadirkan narasumber tokoh koperasi Provinsi kapasitas dan kompetensi para pengurus koperasi di Pringsewu dapat lebih meningkat, sekaligus mampu mengimbangi perkembangan pengetahuan dan IT di bidang perkoperasian, disamping mampu membuat terobosan-terobosan serta berinovasi.pinta Aidil.(as)

Advertisement