Connect with us

Daerah

Bupati Resmikan Taman Edukasi Bantaran Sungai Pertama di Sergai

Published

on

Teks Foto : Bupati Serdang Bedagai melakukan pemotongan pita bersama Kapolres Sergai dan perwakilan Kejari Sergai. (Foto/ist)

Geosiar.com,Sergai – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir.H.Soekirma n resmikan taman edukasi bantaran Sungai pertama di Sergai,yang dilaksanakan di bantaran sungai Rampah Kecamatan Sei Rampah,Sergai, Kamis (23/07/2020) sekitar jam 11.00 WIB.

Acara peresmian bantaran sungai tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Sergai,yang turut di hadiri oleh Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH MH, Wakil Ketua DPRD Siswanto, Perwakilan Kejari, para Asisten, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM beserta jajaran, Dewan Pendidikan, Korwilcam, Kepala Sekolah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para undangan

Bupati Sergai Ir H Soekirman sangat mengapresiasi dan bangga bahwa hari ini kita meresmikan Taman Edukasi di Tepi Bantaran Sungai Rampah, yang merupakan sungai pertama di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), setelah bulan Juni lalu dimulai pembangunannya.

Bupati Sergai Ir.H.Soekirman saat menyampaikan kata sambutan. (Foto/ist)

Tak lupa juga Bupati mengucapkan terimakasih terhadap pihak terkait, seperti pihak BNI dan Komunitas yang telah berkontribusi mendukung terealisasinya upaya peningkatan minat baca bagi pelajar dan masyarakat. Terwujudnya pembangunan Taman Literasi ini adalah usaha kita semua dengan proses yang juga cukup penuh perjuangan.

Hari ini motto dari Dinas Pendidikan sebut Bupati,yaitu Inovasi yang artinya menghasilkan sesuatu yang kreatif yang sebelumnya tidak ada telah kembali hadir ditengah-tengah masyarakat. Walaupun kecil yang dibuat, tapi yakinlah, jalan seribu kilometer itu dimulai dari satu langkah.

Bupati Soekirman mengingatkan Kepada masyarakat tentang konsep Pataya yaitu Pangan, Pariwisata dan Budaya yang akan kita wujudkan. Dalam hal pangan, kita sudah bersinergi dengan petani, TNI dan Polri untuk kecukupan pangan. Untuk hal Pariwisata, kita hendaknya memiliki daya tarik tersendiri agar dapat memancing minat wisatawan untuk hadir disini agar menjadikan ekonomi masyarakat kita menjadi lebih baik. Selanjutnya budaya, Sergai ini kaya akan budaya, suku, bahasa daerah dan adat istiadat masih terjaga.

Kita hanya belum mengemasnya dengan lebih baik lagi agar dapat menjadi daya tarik wisatawan seperti kampung budaya Jawa, Melayu, Batak, Minang, Banjar, serta suku lainnya yang akan kita eksplorasi lebih jauh lagi sehingga orang-orang akan datang melihat keramahtamahan serta makanan khas yang dikemas di dalam budaya dan suku yang satu sama lainnya selalu harmonis.

Dengan peresmian Taman Edukasi ini, kita semua menjadi saksi serta sekaligus kita akan menjadi orang yang mempromosikannya untuk menarik minat masyarakat khususnya untuk membaca dan wisata,ucapnya.

Taman Edukasi ini sudah sangat baik dan tampilan juga menarik, kita membaca dengan latar belakang sungai. Agar lebih lengkap lagi nanti hendaknya harus di lengkapi dengan fasilitas-fasilitas inklusif dan ramah disabilitas maupun tuna netra. “ Jika ini sudah kita lengkapi maka taman ini juga dapat kita sebut sebagai Taman Literasi Inklusi yang ramah terhadap difabel. Hal demikian agar bukan hanya kita yang beruntung bisa hadir menikmati, namun taman ini juga sangat terbuka bagi disabilitas dan tuna netra untuk kesetaraan hak bagi seluruh masyarakat,ungkap Bupati mengakhiri.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM mengatakan bahwa peresmianTaman Edukasi ini adalah bentuk upaya nyata Pemkab Sergai dalam mengentaskan buta aksara sesuai dengan visi Dinas Pendidikan yaitu menjadikan Kabupaten Sergai sebagai salah satu Kabupaten Terbaik di Indonesia dengan masyarakat yang Pancasilais, Religius, Modern dan Kompetitif.

Dengan adanya Taman Edukasi ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar dan wisata bagi masyarakat dan pelajar khususnya di Kecamatan Sei Rampah. Selain itu diharapkan menumbuhkan rasa cinta kepada sungai sebagai sumber kehidupan serta kedepannya kita memikirkan juga kelangsungan Taman Edukasi ini nantinya. Meski terbilang kecil apa yang telah kita bangun disini, tapi yakinlah bahwa nantinya akan banyak orang-orang besar yang lahir dari Taman Edukasi ini. Kedepan kita juga berharap taman ini dilengkapi dengan fasilitas permainan anak-anak serta lainnya agar semakin menarik minat masyarakat datang kesini,sebut Joni.

Sementara Kepala BNI Cabang Tebing Tinggi, Maralun Sitompul menyampaikan apresiasi kepada Bupati beserta jajaran Dinas Pendidikan serta Komunitas Sungai Rampah dengan diresmikannya Taman Edukasi pada hari ini. Kami selaku pihak Perbankan mendukung kegiatan edukasi melalui program CSR yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan guna mewujudkan Taman Edukasi ini. Bukan hanya itu, kami juga siap bersinergi dan membantu seluruh komponen masyarakat melalui program CSR agar benar-benar memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat Sergai.

Dan pembuatan taman edukasi ini menggunakan konsep yang luar biasa dan bukan merupakan suatu kebetulan jika kita lihat taman edukasi bantaran Sungai dengan tatanan yang menarik. Saya yakin taman edukasi ini akan berfungsi secara positif bagi komunitas yang ada serta meningkatkan nilai religius, minat membaca serta kepedulian terhadap sungai bagi masyarakat,terang Marulan.

Sedangkan Ketua Komunitas Sungai Rampah, Nazaruddin menyampaikan rasa bangga dan terharunya,bahwa apa yang mereka cita-citakan selama ini akhirnya dapat terwujud. “ Terimakasih kepada Bapak Bupati, jajaran Dinas Pendidikan serta BNI yang telah mendukung program mencerdaskan masyarakat sekaligus meningkatkan kecintaan kepada sungai.

Pada kesempatan ini kami berharap kepada semua pihak untuk menjaga aset ini dengan penuh tanggung jawab dan menyadari semua fasilitas ini disediakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, karena jika dirusak maka yang rugi adalah masyarakat itu sendiri,kata Nazaruddin

Peresmian Taman Edukasi Bantaran Sungai Rampah ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Ir.H.Soekirman dan juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi, pertunjukan tari daerah dan modern, serta peninjauan fasilitas taman edukasi.(art/red)

Advertisement