Connect with us

Nasional

Vaksin Corona Siap Digunakan Awal 2021

Published

on

Ilustrasi : Virus Corona (Foto/dok)

Jakarta,Geosiar.com

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto angkat bicara ihwal vaksin Covid-19. Terawan bilang pihaknya akan menyiapkan personel untuk melakukan imunisasi serta menyiapkan anggarannya.

Diketahui, vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech, Ltd asal Cina telah tiba di Indonesia untuk diujicobakan kepada sampel di Tanah Air. Hal ini akan dilakukan oleh para ilmuwan bekerja sama dengan Bio Farma.

Menkes Terawan Agus. (Foto/dok internet)

“Kemenkes menyiapkan personel untuk melakukan imunisasinya dan juga menyiapkan penganggarannya. Itu kami akan bahas bersama dengan Kemenkeu terutama dan mudah-mudahan semua berjalan lncar dan diridhoi oleh Tuhan YME,” ujar Terawan usai mengikuti rapat intern dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito menerangkan, saat ini vaksin dari Sinovac Biotech akan diuji klinis tahap tiga di Indonesia.

“Jadi sekarang ini kita akan melakukan uji klinik phase 3. Tahap ketiga. Jadi ini tahap yang paling penting dan sudah tahap lanjut. Artinya sudah hampir kita sampai pada menemukan dan produksi vaksin tersebut,” terang Penny.

BPOM, kata dia, menjamin validitas protokol uji klinis vaksin corona. Pihaknya juga akan mendampingi proses uji tersebut sehingga nantinya akan ada percepatan pemberian izin edarnya.

“Juga secara paralel proses produksi yang akan dilakukan oleh Bio Farma sudah akan kami dampingi dikaitkan dengan fasilitasnya. Sehingga memang nanti pada saat uji klinis selesai, kami memberikan izin edar, segera bisa kita edarkan, sudah didistribusikan,” tutur dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan vaksin corona akan selesai diujicobakan pada awal tahun 2021. Setelah selesai nantinya vaksin tersebut akan diedarkan ke masyarakat melalui PT Bio Farma (Persero).(oz/red)

Advertisement