Connect with us

Daerah

Kejari Karo Tahan Dua Tersangka Korupsi Dana Pengadaan Lahan TPA Dokan

Published

on

dengan mengenakan rompi tahanan Kejaksaan Negeri Karo, sebelum kedua tersangka diboyong ke Rutan Klas II B Kabanjahe untuk ditahan, jumat (17/7/2020)

Tanahkaro – Geosiar – Kejaksaan Negeri Karo sudah tetapkan dua orang Tersangka (tsk) dan melakukan penahanan terhadap BK dan R, jumat (17/7/2020).

Penahanan dilakukan sekaitan perkara dugaan tindak pidana korupsi Dana Pengadaan lahan yang diperuntukan sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Dokan, kecamatan merek kabupaten karo dengan jumlah kerugian negara 1,7 miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri Karo, Denny Achmad SH MH mengatakan “Tersangka (BK) seorang Aparatur Sipil Negara” dan berperan sebagai Pejabat Pembuat Komitment (PPK) pengadaan dan R merupakan konsultan studi kelayakan.

Kasus ini menyangkut tahun anggaran 2015, 2016 dan 2017 APBD Pemerintahan kabupaten (Pemkab) Karo pada Dinas Perumahan dan permukiman (Perkim) dengan kerugian negara mencapai Rp 1,7 Miliar untuk TA 2015-2016, dan ini masih bisa bertambah, karena kami sedang melakukan pemeriksaan untuk TA 2017.

Lanjutnya, pihaknya tidak ada mengalami kendala dalam proses penyelidikan maupun penyidikan, namun pihaknya harus mendengarkan keterangan saksi ahli dan hasil pemeriksaan keuangan. “Dari laporan yang kami terima sementara, pada kasus ini negara dirugikan sebesar Rp 1,7 Milyar,” ujar kajari.

Sekira pukul 19.30 WIB, dengan mengenakan rompi tahanan Kejaksaan Negeri Karo, kedua tersangka diboyong ke Rutan Klas II B Kabanjahe untuk ditahan./edy surbakti

Advertisement