Connect with us

Lifestyle

Ingin Tidur Nyenyak? Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Malam Hari

Published

on

Ilustrasi saat tidur. (Foto/dok internet)


Geosiar.com – Tidur adalah kebutuhan setiap orang. Masalahnya, tidak semua orang mendapatkan waktu tidur yang cukup. Diketahui, untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup, seseorang setidaknya membutuhkan minimal 8 jam waktu tidur dalam sehari.

Jika tidak, tubuh akan terasa lemas dan membuat seseorang mudah sakit. Jadi memastikan kita bisa tertidur nyenyak sangatlah penting.

Mengutip Foxnews, Rabu (15/7/2020), berikut 5 makanan yang bisa membuat tidur malammu semakin nyenyak apabila dikonsumsi sebelum tidur. Apa saja?

  1. Keju cottage


Keju cottage jadi sumber protein yang sempurna dikonsumsi sebelum tidur, karena mengandung protein kasein yang lambat dicerna. Protein ini mampu mendistribusikan asam amino ke jaringan otot selama berjam-jam yang akan datang.

Kandungan asam amino triptofan dalam keju ini secara alami tidur menjadi lebih dalam, sehingga istirahat menjadi lebih baik. Sandingkan keju cottage dengan satu sendok makan mentega almond, agar tubuh tahan berpuasa selama beberapa jam saat dibawa tidur.

  1. Oatmeal

Jika banyak orang berpikir oatmeal hanya cocok untuk sarapan, harus tahu juga jika makanan kaya serat ini sangat baik dikonsumsi di malam hari. Ini karena kandungan karbohidratnya bisa melepaskan serotonin.

Serotonin adalah hormon kebahagiaan yang bisa mengurangi stres, dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Oatmeal jadi sumber karbohidrat yang lambat dicerna, jadi tidak usah khawatir terbangun di malam hari karena rasa lapar.

Di sarankan juga mengiris setengah apel dalam oatmeal dan sedikit tambahan kayu manis, ditambah juga sajikan sedikit susu skim yang diinginkan.

  1. Kacang tanah atau selai kacang


Makanan lain yang bisa dipertimbangkan jika sering kesulitan tidur yakni kacang tanah atau selai kacang buatan. Kacang merupakan makanan yang kaya niasin yaitu nutrisi yang membantu melepaskan serotonin atau hormon kebahagiaan.

Kacang lebih tinggi lemak dan kalorinya, jadi pastikan memperhatikan porsi yang dimakan tidak berlebihan, Tapi kalau kacang dan selai dimakan dengan jumlah tepat, maka bisa membantu program diet.

Cobalah menyantap sepotong roti gandum utuh yang diolesi dengan selai kacang untuk hasil terbaik.

  1. Susu hangat

Segelas susu hangat sebelum tidur benar-benar dapat mempercepat tidur. Alasannya karena susu juga mengandung asam amino triptofan, dan bagi kebanyakan orang, cairan hangat memberikan efek sangat menenangkan.

Selain itu, susu juga mengandung kalsium yang bagus untuk otak dalam memproduksi melatonin, sejenis zat yang secara alami akan mengendalikan siklus tidur dan bangun seseorang.

Bisa dicoba satu sendok teh madu sebagai permanisnya. Madu juga mengandung sedikit karbohidrat yang akan melepasan serotonin atau hormon kebahagiaan.

  1. Anggur

Terakhir yang bisa membantu tidur malam lebih nyenyak adalah anggur. Anggur adalah satu-satunya buah yang ditemukan mengandung hormon melatonin pengatur tidur, jadi dengan menambahkannya secara teratur ke dalam diet, secara tidak langsung akan meningkatkan siklus tidur dan bangun alami seseorang.

Masukkan beberapa irisan anggur ke dalam semangkuk kecil yogurt untuk menambah kalsium, dan itu artinya Anda akan memiliki camilan sempurna sebelum tidur.(sc/red)

Advertisement