Connect with us

Dunia

Bill Gates Minta Ini Soal Obat dan Vaksin Covid-19

Published

on

Ilustrasi Konglomerat Bill Gates. (Foto/dok internet)


Geosiar.com, Washington – Konglomerat filantropis terkenal, Bill Gates, mengatakan obat dan vaksin Covid-19 agar tersedia untuk semua negara dan orang yang paling membutuhkan.

Jika obat dan vaksin itu hanya tersedia bagi pembeli dengan harga tertinggi maka wabah ini akan semakin lama dan merugikan dunia.

“Jika kita membiarkan obat-obatan dan vaksin jatuh ke tangan pembeli dengan harga tertinggi, dan bukannya kepada orang-orang dan tempat yang paling membutuhkan, maka kita akan mengalami pandemi yang semakin mematikan, tidak adil dan lebih lama,” kata Bill Gates, pendiri Microsoft, dalam rekaman video pada konferensi virtual yang diorganisasikan oleh International AIDS Society seperti dilansir Reuters pada Sabtu, 11 Juli 2020.


Bill Gates mengatakan para pemimpin harus membuat keputusan untuk mendistribusikan obat dan vaksin Covid-19 berdasarkan kebutuhan dan bukan karena pengaruh pasar komersil saja.

Saat ini ada ratusan proyek vaksin dan obat Covid-19 atau virus Corona, yang didukung sejumlah negara besar Barat dan Asia.

Pemerintah Amerika Serikat dan Eropa menginvestasikan miliaran dolar untuk kegiatan riset, uji coba dan produksi obat serta vaksin Covid-19.

Ada kekhawatiran, distribusi obat dan vaksin Covid-19 ini bakal dikuasai oleh segelintir negara kaya saja.

“Ini bisa membuat negara berkembang tidak mendapatkan pasokan obat dan vaksin ini,” begitu dilansir Reuters.

Saat ini, situs Johns Hopkins University mencatat jumlah kasus global Covid-19 mencapai sekitar 12.68 juta kasus. Sebanyak sekitar 564 ribu orang meninggal dengan 6.98 juta orang berhasil sembuh setelah menjalani perawatan di rumah sakit.(tmp/red)

Advertisement