Connect with us

Lifestyle

4 Manfaat Memiliki Tanaman di Dalam Rumah 

Published

on

Ilustrasi berkebun. (Foto/dok)

Geosiar.com – Berkebun jadi salah satu kegiatan yang tengah ramai digandrungi sejak pandemi Covid-19. Akibat tuntutan karantina mandiri, banyak orang mencari kegiatan baru selama di rumah aja, salah satunya mengurus tanaman.

Bagi orang yang memiliki halaman, mungkin akan menanam berbagai jenis tanaman mulai dari bunga, buah, hingga sayuran. Tapi jika Anda tinggal di apartemen atau memang tidak memiliki halaman yang cukup, meletakan tanaman di dalam rumah juga bisa jadi pilihan.

Anda bisa menentukan tanaman hias khusus ruangan atau bunga tertentu yang bisa sekaligus jadi pengharum ruangan alami. Dan tentunya menambah estetika di rumah Anda.

Bukan hanya itu, meletakan tanaman di dalam ruangan rumah ternyata ada manfaat lainnya lho. Seperti dikutip dari akun Instagram Kementerian Pertanian berikut.

  1. Memperbaiki kualitas udara

Tanaman di dalam ruangan baik untuk meningkatkan kualitas udara. Senyawa yang dikeluarkan tanaman membantu melawan polutan di udara, sehingga udara lebih aman dan sehat untuk kita bernapas.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun jita juga bisa meningkat dengan memelihara tanaman di dalam rumah. Senyawa yang keluar dari tanaman itu bisa membantu mengurangi stres. Ketika seseorang berkurang perasaan stresnya, maka ini bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuhnya.

  1. Baik untuk kesehatan mental

Menurut penelitian dari Inggris, orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia dibandingkan yang tidak. Tanaman juga melepaskan oksigen dan mengambil karbon dioksida. Sehingga udara dalam rumah jadi lebih baik bagi kita.

  1. Meningkatkan kemampuan belajar

Tanaman membantu meningkatkan kemampuan belajar. Karena adanya tanaman di rumah juga bisa meningkatkan fokus dan pikiran yang jernih. Menurut beberapa penelitian, perhatian seseorang meningkat 70 persen karena adanya tanaman dalam ruangan.(sc/red)

Advertisement