Connect with us

Sumut

Kadin Sumut dan PT. Pelindo – I (Persero) Belawan Terus Bersinergi

Published

on

Ivan Iskandar Batubara selaku Ketua Umum Kadin Sumatera Utara (kiri) saat berada di Pelindo. (Foto/ist)

Medan,Geosiar.com

KADIN Sumut dan PT. Pelindo – I (Persero) Belawan terus bersinergi dalam menjalankan perekonomian Sumut.

Melalui Draft Release yang diterima Redaksi Geosiar.com, Senin (6/7/2020) dijelaskan, Ivan Iskandar Batubara selaku Ketua Umum Kadin Sumatera Utara berkunjung ke PT. Pelabuhan Indonesia – I (Persero) bersama Wakil Ketua Umum Kadin Santri Azhar Sinaga, Hendra Arbie serta Direktur Eksekutif Kadin Sumut Hendra Utama dalam rangka bersilaturahmi dengan jajaran Direksi PT Pelindo I yang baru diantaranya Direktur Utama PT. Pelindo Dani Rusli Utama, Direktur Teknik Hosadi Apriza Putra, Direktur SDM dan Umum Henri Naldi, Direktur Operasional dan Komersial Ridwan Sani Siregar, Direktur Keuangan Henri Panggabean, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Prasetyo. Pertemuan berlangsung di kantor Pelindo I Pelabuhan Belawan Medan, pada Kamis, 2 Juli 2020.


Dani Rusli Utama selaku Direktur Utama PT. Pelindo – I beserta jajaran Direksi menerima kunjungan Kadin Sumut beserta rombongan, dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Kadin Sumut yang selama ini terus berusaha dan berupaya bersama anggota Kadin sumut untuk meningkatkan perekonomian di Sumut, khususnya terkait Eksport dan Import dengan mengunakan jasa pelabuhan (PT. Pelindo – I) ujar Dani Rusli Utama selaku Direktur Utama PT. Pelindo -I.

Dani Rusli Utama mengatakan kepada rombongan Kadin, bahwa PT. Pelindo – I telah terdaftar menjadi Keanggotaan Kadin seperti anak perusahaan yang telah didaftarkan secara resmi diantaranya PT Prima Multi Terminal, PT Prima Terminal Petikemas, PT Prima Indonesia Logistik, PT Prima Pengembangan Kawasan, serta PT Prima Husada Cipta Medan yang telah menjadi anggota Kadin terhitung sejak Januari 2020. Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.


Sementara itu Ivan Iskandar Batubara menyambung pembicara Direktur Utama PT. Pelindo mengatakan pendaftaran sebagai anggota Kadin sesuai dengan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani oleh Kementerian BUMN dan Kadin Indonesia tentang pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada November 2019.

“Ini bisa menjadi wadah kerja sama dan membangun sinergi bagi kami dan para pengusaha Indonesia maupun asing untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” terangnya, disela diskusi.

Sementara itu, Ivan Batubara mengatakan keanggotaan ini memiliki arti strategis sesuai dengan Undang-Undang No. 1/1987 tentang Kadin.”UU telah mengamanahkan bahwa Kadin merupakan wadah organisasi bagi pengusaha Indonesia dibidang usaha negara, yang meliputi BUMN/BUMD, usaha koperasi dan usaha swasta yang bergerak dibidang perekonomian,” ungkapnya.


Ivan menjelaskan baik UU No. 19/2003 tentang BUMN maupun UU No. 1/1987 tentang Kadin, keduanya mengakui bahwa BUMN, usaha koperasi dan usaha swasta merupakan tiga aktor utama penggerak perekonomian Indonesia.

Ketiganya harus bergerak menuju satu tujuan yang sama, yaitu menyelenggarakan perekonomian nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, ketiganya harus bersinergi dan saling mendukung agar mereka dapat menjalankan dan mengembangkan demokrasi ekonomi secara sinergis.

BUMN terutama harus menjadi pelopor dalam sektor-sektor usaha yang belum diminati oleh usaha swasta dan membantu pengembangan UMKM dan koperasi.

Diakhir pembicaraan ini, KADIN Sumut berharap langkah ini akan mendorong BUMN dan BUMD lainnya yang ada di Sumatera Utara untuk mengikuti jejak Pelindo – I, sehingga tercipta Kadin yang kuat dan dapat memainkan perannya sebagai mitra pemerintah.(rel/red)

Advertisement