Connect with us

Olahraga

Hasil GP Austria: Valtteri Bottas Menangkan Mercedes di Balapan Perdana

Published

on

Ilustrasi (Foto/dok internet)


Jakarta,Geosiar.com

Mercedes tetap menempatkan pebalapnya sebagai pemenang di GP Austria, kendati Lewis Hamilton sempat diganjal penalti. Valtteri Bottas tampil sebagai juara.
GP Austria di Red Bull Ring, Minggu (5/7/2020) malam WIB diwarnai penalti untuk Hamilton, yang sedianya start dari posisi dua, hanya beberapa saat jelang balapan.

Ini setelah Red Bull melakukan protes karena menilai driver andalan Mercedes itu melakukan pelanggaran kecepatan di tengah berkibarnya bendera kuning.

Insiden sebelumnya sudah ditinjau oleh stewards dan Hamilton dianggap tak bersalah karena ada perbedaan tanda dari marshal dan papan sinyal. Tapi Red Bull mengajukan bukti lain dan berakhir dengan hukuman penalti tiga grid.


Hamilton pun start dari posisi lima, tapi itu tak cukup buat membendung Mercedes. Bottas yang start dari pole position tampil tangguh untuk memenangi balapan, sementara Hamilton sebenarnya mampu finis sebagai runner-up.

Ilustrasi.(Foto/dok internet)

Hanya saja ‘nasib buruk’ belum beranjak dari pebalap Inggris tersebut karena ia mendapatkan penalti lainnya jelang balapan usai. Mobil Hamilton berbenturan dengan milik Alexander Albon saat balapan menyisakan 10 putaran dan membuat mobil pebalap Red Bull tersebut terperosok ke area gravel.

Hamilton pun dijatuhi hukuman lima detik, yang membuatnya harus terlempar dari zona podium. Charles Leclerc dari Ferrari naik jadi runner-up, sedangkan Lando Norris dari McLaren finis ketiga.


Hamilton harus puas finis keempat, disusul Carlos Sainz, Sergio Perez, dan Pierre Gasly. Esteban Ocon, Antonio Giovinazzi, dan Sebastian Vettel melengkapi 10 besar.

Sembilan pebalap gagal finis di balapan pertama musim 2020 ini, di antaranya dua pebalap Red Bull yakni Albon dan Max Verstappen.(dtk/red)

Advertisement