Connect with us

Dunia

Joe Biden Beri Sambutan Dalam Upacara Pemakaman George Floyd

Published

on

Upacara pemakaman George Floyd dimulai pada Selasa (6/9) waktu Houston, Amerika Serikat. (foto/ap)

Jakarta,Geosiar.com

Upacara pemakaman George Floyd dimulai pada Selasa (6/9) waktu Houston, Amerika Serikat. Upacara dilakukan sebelum Floyd dimakamkan di sebelah ibunya.

Upacara pemakanan dihadiri oleh keluarga dan rekan Floyd. Selain itu, turut hadir pula ratusan tamu dari mulai anggota parlemen, atlet, aktor yang berkumpul di Fountain of Praice Church untuk mengikuti kebaktian terakhir.

“Kami mungkin menangis, kami akan berduka, kami akan dihibur dan kami akan menemukan harapan,” kata Pastor Gereja Mia Wright dikutip dari AFP, Selasa (6/9).


Mantan wakil presiden AS Joe Biden pun turut hadir dan memberikan kata sambutan dalam upacara pemakaman Floyd.

Lihat juga: Pemakaman George Floyd Akan Disiarkan Langsung dari Houston
“Sekarang saatnya untuk keadilan rasial. Kita tidak boleh berpaling. Kita tidak dapat meninggalkan momen ini dengan berpikir kita dapat sekali lagi berpaling dari rasisme yang menyengat jiwa kita,” ujar Biden.

Sebelumnya, pada Senin (8/6), ribuan pelayat berkumpul di gereja The Fountain of Praise untuk memberikan penghormatan kepada Floyd. Peringatan ini adalah perhentian ketiga dari serangkaian acara untuk merayakan hidupnya.

Kematian Floyd memicu aksi protes di AS dan di seluruh dunia, aksi protes menyerukan perubahan dalam kepolisian dan hubungan penegakan hukum dengan masyarakat kulit hitam dan cokelat.

Floyd meninggal pada 25 Mei setelah mantan perwira polisi Derek Chauvin menindih leher Floyd menggunakan lututnya selama lebih dari delapan menit. Chauvin telah dipecat dan didakwa melakukan pembunuhan tingkat dua.

Tiga petugas lainnya yang juga berada di tempat kejadian, dituduh membantu dan bersekongkol dengan Chauvin dalam pembunuhan tingkat dua. (cnn/x1)