Connect with us

Lifestyle

New Normal, Bagaimana Mencegah Penularan Virus Corona di Tempat Kerja?

Published

on

Suasana Salah Satu Kantor Jelang New Normal


Geosiar.com, Jakarta

New normal mulai diterapkan menyusul dilonggarkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah pada awal Juni.

Dengan ini, aktivitas sektor yang diizinkan beroperasi saat PSBB dapat kembali diteruskan dan akan ada penambahan sektor lain yang beraktivitas secara bertahap, salah satunya perkantoran.

Nah, mau tidak mau, Anda yang mulai kembali bekerja harus memiliki strategi untuk mencegah virus corona (Covid-19) di tempat kerja. Lantas, bagaimana cara cegah virus corona di tempat kerja?

Jika harus kembali beraktivitas di kantor, Anda perlu mempersiapkan diri untuk mencegah virus corona di tempat kerja.

Sebab, seperti yang sudah diketahui bahwa infeksi virus corona ini menular melalui cipratan air liur (droplet) dari seseorang yang terinfeksi mengalami batuk, bersin, atau berbicara.

Selain itu, penularan juga dapat terjadi melalui sentuhan dengan permukaan benda yang sudah terkontaminasi virus corona atau Covid-19.

Maka dari itu, pastikan mengetahui cara mencegah virus corona di tempat kerja dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Selalu menggunakan masker saat bekerja di kantor

Salah satu cara mencegah virus corona di tempat kerja yang paling penting adalah dengan selalu menggunakan masker saat bekerja di kantor.

Pastikan memakai masker dengan cara yang benar mulai dari berangkat kerja sampai tiba lagi di rumah. Penggunaan masker dapat melindungi kita dari paparan zat berbahaya, termasuk virus dan bakteri, yang terdapat di udara.

Anda dapat membawa masker cadangan selama berada di kantor. Jangan lupa untuk mengganti penggunaan masker setiap beberapa jam sekali.

2. Memastikan area meja kerja dalam kondisi bersih

Cara mencegah virus corona di tempat kerja berikutnya adalah dengan memastikan area meja kerja dalam kondisi bersih.

Anda dapat membersihkan permukaan barang-barang yang berada di atas meja kerja, seperti meja, telepon, keyboard komputer, dan lainnya menggunakan cairan disinfektan secara berkala.

Sebab, virus dapat menular melalui cipratan air liur saat batuk atau bersin yang menempel di permukaan benda, kemudian disentuh oleh orang lain.

Jika tidak dilakukan pembersihan menggunakan disinfektan secara berkala, maka dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19.

3. Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter

Untuk mencegah virus corona di tempat kerja, sebisa mungkin menerapkan jaga jarak tempat kerja dengan rekan kerja lainnya minimal 1 meter.

Pasalnya, saat ini orang yang telah terinfeksi virus corona bisa saja tampak sehat atau biasa disebut dengan orang tanpa gejala (OTG) sehingga alangkah baiknya untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain, termasuk saat berada di lingkungan tempat kerja.

Penerapan jaga jarak ini juga berlaku saat pengecekan suhu tubuh dan di dalam lift kantor. Selain itu, Anda juga perlu menghindari pertemuan sosial di area kantor yang melibatkan banyak orang untuk sementara waktu.

4. Sering mencuci tangan

Cara mencegah virus corona di tempat kerja yang tak kalah penting adalah sering mencuci tangan. Terutama setelah dari toilet, setelah batuk dan bersin, serta sebelum dan sesudah makan.

Anda bisa mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Akan tetapi, jika sulit menemukan akses air mengalir, Anda bisa mencuci tangan dengan cairan pembersih yang mengandung minimal alkohol 60 persen.

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ataupun cairan pembersih yang mengandung alkohol dapat membantu menyingkirkan dan membunuh virus yang mungkin terdapat pada permukaan tangan.

Pastikan mencuci tangan dengan cara yang tepat selama minimal 20 detik.

Baca juga: Mencuci Tangan Cegah Virus Corona, Berapa Lama Seharusnya?

5. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sampai tangan sudah bersih

Cara mencegah virus corona di tempat kerja lainnya adalah menghindari sentuh mata, hidung, dan mulut sampai tangan sudah dalam kondisi bersih.

Ini karena selama berada di tempat kerja Anda mungkin menyentuh benda apa pun yang berada di sekitar Anda.

Namun, tanpa disadari, benda-benda tersebut dapat berisiko meningkatkan penularan virus. Nah, saat tangan menyentuh mata, hidung, dan mulut maka virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh sehingga membuat jatuh sakit.

Saat bersin dan batuk, pastikan menutup hidung dan mulut dengan tisu atau siku bagian dalam.

Cara ini dapat melindungi orang lain di sekitar Anda dari berbagai macam virus, seperti flu, pilek, dan virus corona, yang mungkin keluar melalui percikan cairan dari mulut dan hidung.

7. Jangan pergi ke kantor bila sedang sakit

Sebaiknya jangan pergi bekerja ke kantor bila sedang sakit. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit ke orang lain.

Jika mengalami demam, batuk, sulit bernapas, atau gejala yang menunjukkan indikasi Covid-19, segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain cara mencegah virus corona di tempat kerja yang telah disebutkan di atas, penting pula untuk menjalankan protokol kesehatan lainnya, seperti memenuhi asupan makanan yang bergizi, mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup, serta segera membersihkan diri sesaat tiba di rumah kembali usai bekerja.

Baca juga: Lakukan ini Sesampai di Rumah Setelah Bepergian di Tengah Wabah Corona

Mulai bekerja di kantor saat new normal memang memerlukan persiapan yang maksimal. Jadi, pastikan melakukan cara mencegah virus corona di tempat kerja dengan cara-cara di atas. Dengan ini, niscaya Anda dapat terhindar dari penularan Covid-19.(kps/x1)

Advertisement