Connect with us

Sumut

Akhyar Nasution Minta Masyarakat Lebih Sadar dan Disiplin Gunakan Masker

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan perdefenisi Kota Medan belum memasuki kehidupan new normal. Namun Pemko Medan telah mempersiapkan segala sesuatunya baik dari segi infrastruktur, kulturnya maupun masyararakat untuk bersiap-siap menuju era new normal. Untuk itu, masyarakat Kota Medan lebih sadar dan disiplin menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan aktifitas sehari hari.

Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Medan saat menghadiri Rapat Operasi Pendisiplinan Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Wilayah Kodim 0201/BS dalam rangka masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19 di Aula Makodim 0201/BS Jalan Pengadilan No. 8 Medan, Rabu (3/6/2020).

Rapat yang dipimpin Dandim 0201/BS Medan Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga S Sos juga turut dihadiri mewakili Kapolrestabes Medan, mewakili Bupati Deli Serdang, jajaran TNI, beberapa pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan, Ketua MUI Kota Medan Prof Dr H M Hatta dan para pelaku usaha yang ada di Kota Medan dan Deli Serdang. Rapat tersebut tentunya digelar dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Dikatakan Akhyar, kondisi penyebaran Virus Corona di Kota Medan dari 4 hari yang lalu dari tanggal 30 Mei sampai 2 Juni, jumlah positif Covid-19 tidak bertambah. Kalau ini terjadi hingga seterusnya, Kota Medan siap untuk memasuki era new normal. Kuncinya cukup dengan menggunakan masker dan juga protokol kesehatan lainnya harus ditegakkan sehingga Kota Medan dapat segera menuju kehidupan new normal.

“Kita sedang mempersiapkan semaksimal mungkin. Insya Allah jika yang positif Covid-19 tidak bertambah, Kota Medan akan siap untuk memasuki kehidupan new normal. Kuncinya cuman satu untuk mencegah penularan Covid-19 dengan cara masyarakat mau menggunakan masker saat berada diluar rumah,” jelas Akhyar.

Sedangkan untuk para pelaku usaha, Akhyar mengimbau agar mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti yang telah diputuskan oleh Kementerian Kesehatan. Pemko Medan mengimbau seluruh tempat usaha misalnya mall untuk mengikuti protokol kesehatan yang ada. “Pemko Medan memberikan imbauan agar para pelaku usaha untuk mengikuti protokol kesehatan. Selain itu Pemko Medan sendiri sedang merevisi Perwal Kota Medan terkait protokol kesehatan,” ungkap Akhyar.

Sebelumnya dalam sambutannya, Dandim 0201/BS Medan Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga S Sos menjelaskan bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari Perwal Kota Medan no 11 tahun 2020 tentang karantina kesehatan. Dalam pertemuan tersebut Dandim menyampaikan paparan mengenai operasi pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah kodim 0201/BS dalam rangka masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19. Dimana salah satu langkah yang akan diambil yaitu membuat simulasi protokol kesehatan di tempat usaha dengan menempatkan petugas. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan para pelaku usaha agar menerapkan protokol kesehatan ditempat usahanya begitu pula terhadap para pengunjung yang datang.

“Nantinya jajaran Kodim bersama Polri dan Pemda akan berpatroli mengingatkan para pelaku usaha dan pengunjung yang ingin berbelanja untuk tetap mematuhi Protokol kesehatan misalnya melakukan pengukuran suhu dengan thermo gun, mencuci tangan, dan wajib menggunakan masker,” jelas Hansen. (lamru)

Advertisement