Connect with us

Lifestyle

Mengingat Kembali Cara Jaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Akhir-akhir ini momen intensitas hujan semakin meningkat di kota Medan dan membuat tubuh pun menjadi lebih rentan terserang virus maupun bakteri penyebab penyakit, terutama selesma dan flu.

Di musim seperti ini bukan hanya payung atau jas hujan saja yang perlu dipersiapkan, akan tetapi tubuh juga harus tetap sehat.

Saat musim hujan, tubuh rentan terserang penyakit. Dr. Sumiati Yusup, Kepala Klinik Pratama Permata Bunda, Bekasi Timur mengatakan pasa seminggu terakhir bulan Desember ia menerima pasien dengan keluhan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Penyakit langganan lainnya saat musim hujan ialah diare, penyakit kulit, hingga tuberculosis atau TB. Cacar air, kulit gatal-gatal juga menjadi penyakit yang sering terjadi,” kata dia seperti dikutip dari fimela.

Supaya tidak terserang penyakit di musim hujan, dr Sumiati menyarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat. Pertama untuk tidak sarapan dengan konsumsi karbo dan bisa digantikan oleh buah dan sayuran.

“Jadi makan karbonnya siang saja. Biasanya saya campur salad buah potong. Karena saat makan buah siangnya masih kenyang, jadi karbonya makan sedikit. Untuk malam, tetap makan karbo sedikit dan buah,” jelasnya lagi.

Untuk menghangatkan badan bisa mencoba untuk mengonsumsi sup dan hindari minum kopi.

“Untuk stamina kuat ada baiknya minum wedang bukan kopi,” tuturnya.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin. Hal itu guna menambah daya tahan tubuh di musim hujan, apalagi bagi sahabat Fimela yang merasa kurang nutrisi.

“Vitamin sesuai kondisi kita. Kalau kebanyakan juga tidak baik untuk ginjal,” tutup dia.