Connect with us

Sumut

Polda Sumut Perpanjang Operasi Ketupat Toba 2020 Hingga 7 Juni

Published

on

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja

Geosiar.com, Sumut – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) memperpanjang waktu pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020 hingga tanggal 7 Juni mendatang.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja di Medan pada Kamis (29/5/2020) mengatakan, perpanjangan pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020 ini adalah instruksi dari Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Ia menjelaskan, perpanjangan masa Operasi Ketupat Toba 2020 ini guna mengantisipasi para pemudik masuk ke Sumut dan upaya pencegahan Covid-19.

“Dalam Operasi Ketupat Toba 2020 fokus mengantisipasi pemudik masuk Sumut sebagai bentuk pencegahan Covid-19,” ujar dia.

Tatan mengatakan, dalam Operasi Ketupat Toba 2020, Polda Sumut menyiagakan sebanyak 11.000 personel yang ditempatkan di berbagai pos-pos pengamanan.

Sebanyak 114 pos pengamanan didirikan, dan 25 di antaranya merupakan pos ‘check point’=penyekatan untuk mengantisipasi para pemudik yang masuk atau ke luar dari wilayah Sumut.

Ia mengatakan, bagi masyarakat dari daerah lain yang ingin memasuki wilayah Sumut harus memenuhi beberapa syarat di antaranya surat yang menyatakan ‘rapid test’ negatif serta surat perjalanan bepergian yang jelas.

Tak hanya itu, masyarakat juga nantinya akan diperiksa suhu tubuh dan kendaraan yang digunakan akan disemprot cairan disinfektan.

“Hingga saat ini kondisi kamtibmas di wilayah hukum Sumut kondusif dan tidak adanya gangguan,” jelas dia.