Connect with us

Sumut

Penutupan Objek Wisata di Kabupaten Karo Diperpanjang

Published

on

Salah satu objek wisata di Kabupaten Karo, Pemandian Air Panas Pariban Sidebuk Debuk Berastagi

Geosiar.com, Karo – Penutupan kawasan objek wisata di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara diperpanjang kembali. Keputusan tersebut erhitung mulai 30 Mei hingga 14 Juni 2020 mendatang.

Keputusan itu berkenaan dengan masih tingginya tingkat penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Kebijakan tersebut kami ambil dalam menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang semakin meningkat dan untuk melindungi masyarakat dari wabah, sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karo Munarta Ginting pada Jumat (29/5/2020).

Dia mengungkapkan, walaupun ditutup sementara, perawatan kawasan objek wisata milik Pemkab Karo masih tetap akan diperhatikan. Hal itu diyakini sebagai bagian dari kegiatan rutin yang sudah dianggarkan dan ditampung dalam APBD.

“Kepada pemilik kawasan wisata pribadi atau swasta kami harapkan juga melakukan hal yang serupa. Kami paham benar akan kesulitan yang dialami pelaku wisata di Kabupaten Karo,” kata dia.

“Tetapi apa boleh buat, untuk sementara ini kami harus sama-sama mengikuti protokol kesehatan terkait Covid-10,” lanjut Munarta.

Sementara itu, Polda Sumatera Utara (Sumut) juga memperpanjang waktu pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020 hingga tanggal 7 Juni mendatang. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

“Fokus kami dalam Operasi Ketupat Toba 2020 mengantisipasi pemudik masuk Sumut sebagai bentuk pencegahan Covid-19,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja di Medan, Kamis (28/5/2020).

Dia mengatakan, Polda Sumut menurunkan sebanyak 11.000 personel yang ditempatkan di pos-pos pengamanan. Sedikitnya ada 114 pos pengamanan didirikan dan 25 di antaranya merupakan check point penyekatan untuk mengantisipasi pemudik yang masuk atau keluar dari wilayah Sumut.