Connect with us

Sumut

Pemko Medan Gelar Rapid Test Massal Selektif

Published

on

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendy

Geosiar.com, Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan bakal melakukan rapid test massal selektif untuk masyarakat Kota Medan. Rapid test ini ditujukan untuk warga yang dinilai rawan terinfeksi Covid-19 lantaran banyak beraktivitas di luar rumah.

“Akan kita lakukan rapid test massal selektif. Sebagian juga sudah berlangsung,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendy, Rabu (26/5/2020).

Edwin menjelaskan, rapid test massal ini dilaksanakan Pemko Medan di lokasi-lokasi rawan penyebaran Covid-19 di ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini.

“Nanti semua ini akan kita rapid test, termasuk instansi pemerintahan, tempat-tempat usaha, tempat umum yang ada risiko penularan Covid-19,” ucap dia.

Edwin mengimbau Kepada seluruh warga Kota Medan agar menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan dijadikan kebiasaan hidup.

“Dengan terbiasanya masyarakat menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini, diyakini dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

“Jika tidak ada keperluan yang sangat penting dan mendesak, tetap di rumah saja lah. Jika terpaksa harus keluar rumah, pakai masker, tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan dan pakai hand sanitizer,” tambahnya.

Diketahui, penderita virus corona atau Covid-19 di Kota Medan selama ini tercatat sebanyak 198 orang. Dari jumlah tersebut, 115 orang masih menjalani perawatan, 64 orang sembuh, dan 19 orang meninggal dunia.