Connect with us

Nasional

Jokowi-Ma’ruf Amin Bersilaturahmi Via Telepon

Published

on

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat terima ucapan hari raya dari Presiden Joko Widodo via telepon (KIP-Setwapres)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak bersilaturahmi secara tatap muka langsung pada Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Minggu (24/5/2020).

Di hari kemenangan umat Muslim itu, keduanya merayakan Lebaran di tempat yang berbeda. Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Sementara Wapres berada di rumah dinasnya di Jakarta.

Meskipun tak saling bertemu, Jokowi dan Ma’ruf Amin saling mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri lewat sambungan telepon.

“Pagi tadi, melalui sambungan telepon, saya bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo yang berada di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat,” tulis Ma’ruf melalui akun Twitternya, @Kiyai_MarufAmin, seperti dilihat pada Senin (25/5/2020).

Amin mengakui, silaturahmi akan tetap berjalan walaupun tidak saling bertemu di Hari Idul Fitri.

“Idul Fitri kali ini kami tidak saling bertemu, tapi bukan berarti tidak dapat melakukan silaturahmi,” tutur pria yang biasa disapa Kiai Ma’ruf tersebut.

Ma’ruf Amin menggelar perayaan Idul Fitri sederhana di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat. Ia serta istrinya, Wury Ma’ruf Amin, sebelumnya juga menggelar Salat Id yang disesuaikan dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 di rumah dinas.

“Salat berlangsung khidmat dengan tetap menaati protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Pada kesempatan tersebut, Wapres bertindak sebagai imam dan khotib Salat,” ujar pihak Setwapres dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/5/2020).

Setelah Salat Id, Ma’ruf menggelar halal bi halal yang hanya diikuti keluarga inti, staf Wakil Presiden, dan tim Paspampres. Pembatasan ini dilakukan untuk mencegah adanya penularan virus corona di lingkungannya.